Mulai Semangka Sampai Kecap, Ini Ciri-Ciri Makanan Udah Nggak Layak Kamu Konsumsi

Terkadang memang nggak ada salahnya sih menyimpan makanan agak lama, tapi kamu juga harus tahu daya simpan makanan. Kadang, karena terlalu lama disimpan, makanan jadi nggak layak konsumsi tanpa kamu ketahui. Untuk itu, cek dulu 6 hal berikut sebelum melahap makanan yang sudah lama disimpan.

1. Telur

via pixabay.com

Telur adalah salah satu bahan makanan yang jadi andalan anak kost. Nggak cuma gampang diolah, telur juga punya waktu simpan yang cukup lama. Jika kamu menyimpannya di kulkas, telur bisa bertahan sampai 3 minggu.

Tapi, kalau disimpan di suhu ruangan, kamu sebaiknya melakukan tes sederhana dulu sebelum mengonsumsinya. Telur yang masih bagus akan langsung tenggelam saat dimasukkan ke dalam air, sedangkan telur yang sudah rusak akan mengambang.

2. Daging

via pixabay.com

Saat Hari Raya Idul Adha, biasanya anak kost juga kecipratan daging kurban. Sebaiknya kamu segera memasaknya. Bukan apa-apa, itu dilakukan untuk menjaga kualitasnya. Tapi kalau terpaksa harus menyimpannya, pastikan kamu membekukannya di freezer. Selain itu, kalau warnanya sudah berubah kusam, berlendir, dan baunya nggak enak, segera dibuang ya.

3. Ikan

via pixabay.com

Seperti daging, ikan juga bisa disimpan sampai 2 atau 3 bulan jika dibekukan di freezer. Untuk mengetahui kualitasnya, ikan yang rusak akan mengeluarkan bau sangat amis bahkan busuk. Selain itu dagingnya akan berlendir dan mudah terlepas.

4. Semangka

via pixabay.com

Semangka bisa dibilang sebagai buah segala umat. Harganya yang murah dan rasanya yang menyegarkan membuat semangka jadi buah pilihan. Semangka yang masih layak konsumsi punya warna merah menggoda dan kelihatan segar. Sedangkan semangka yang rusak akan lembek, berlendir, serta warna merahnya mulai pudar.

5. Susu

via dairyreporter.com

Sering beli susu? Sebaiknya kamu beli yang kemasan sekali minum aja deh. Tapi, kalau terpaksa beli kemasan besar, pastikan kamu menyimpannya dengan benar setelah membukanya.  Masukkan susu ke dalam kulkas dengan suhu maksimal 4 derajat Celcius. Cara ini pun hanya bisa menyimpan susu beberapa hari saja.

6. Bumbu dapur

via consumer.org.hk

Nggak cuma makanan, bumbu dapur juga punya masa simpan yang berbeda. Saus tomat bisa bertahan sampai  sebulan jika disimpan dalam kulkas, sedangkan mayones bisa bertahan sampai 4 bulan di dalam kulkas. Kalau saus tomat dan mayones cuma bertahan selama beberapa bulan saja, kecap bisa kamu simpan di kulkas sampai 3 tahun.

Bumbu dapur seperti kecap, saus, dan mayones, akan mengalami perubahan warna, rasa, dan tekstur saat sudah rusak. Kamu juga dapat dengan mudah mengenalinya dari aroma yang berbeda.

Sudah tahu kan kalau makanan punya masa simpan yang beda-beda. Untuk itu, sebaiknya kamu nggak usah menyimpannya terlalu lama. Selain untuk menjaga kualitas, makanan yang masih segar pasti punya rasa yang lebih baik.