Musim Hujan Sudah Datang, Ini Tips Memilih Obat yang Tepat untuk Kalian yang Lagi Flu dan Demam

via channel-indonesia.com

Eitss, tunggu dulu, jangan buru-buru dan sembarang beli obat, guys. Apalagi kalau tanpa resep dokter. Salah-salah bukannya kesembuhan yang kalian dapat, kalian buang-buang uang tanpa hasil. Seperti dilansir dari Mentalfloss, data yang diambil dari Consumer Healthcare Products Association di Amerika saja menunjukan bahwa rata-rata rumah tangga di sana sampai menghabiskan sekitar Rp4 juta untuk membeli obat-obatan di tahun 2015 lalu, lho.

Nah, jadi bersyukurlah untuk kalian yang bisa langsung sembuh hanya dengan tidur dan istirahat yang cukup, kalian bisa menghemat banyak uang, hehehe. Namun, untuk kalian yang harus menggunakan obat ketika sakit, ada beberapa tips nih yang bisa kalian terapkan.

Menurut Alex Luli, PharmD, seorang apoteker asal Amerika, saat mau membeli obat, kalian sebaiknya langsung mengecek komposisi dari obat tersebut (biasanya ada di bagian belakang kemasan). Setelah itu, kalian cocokkan komposisi obat dengan gejala penyakit yang kalian alami.

1. Sakit kepala/demam

Komposisi yang harus ada pada obat: Acetaminophen

Acetaminophen ini dikenal juga sebagai paracetamol. Aah, apa nama itu terdengar familiar? Acetaminophen memang bisa kamu temukan pada banyak obat yang ada di apotek.

2. Flu dengan hidung tersumbat

Komposisi: Pseudoephedrine

Dalam penggunaan jangka pendek, obat yang mengandung komposisi ini sangat disarankan untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat. Tapi, jika penggunaannya dalam jangka panjang, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter. Dan begitu pula jika kamu punya tekanan darah tinggi.

3. Flu yang disertai bersin-bersin/pilek

Komposisi: Fexofenadine

Kelompok obat antihistamine ini cenderung tak membikin ngantuk atau menurunkan konsentrasi. Meskipun begitu, sebaiknya kamu pastikan dulu efek obat dengan kandungan ini pada tubuh kamu. Jangan langsung nyetir kendaraan aja begitu habis minum obat, hehe.

via cloudinary.com

Sedikit tips lain, ketika kalian sakit batuk, dokter Luli tak merekomendasikan obat sirup yang mengandung guaifenesin. Alasannya, ia dan koleganya tidak memiliki bukti kalau obat dengan kandungan tersebut benar-benar berkhasiat menyembuhkan batuk.

Selain itu ada juga obat dengan komposisi zinc dan doxylamine. Beberapa penelitian menemukan khasiat zinc dalam menurunkan demam, tapi beberapa penelitian lain justru mengatakan zinc tak memberi khasiat apa pun. Sedangkan untuk doxylamine, ia memang bisa meredakan pilek, tapi efek sampingnya bisa menyebabkan kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi, kata Luli.

via lingkarmerah.com

Nah, jadi kalian sekarang bisa tau deh, bahan apa saja yang sebenarnya tubuh kalian butuhkan saat sedang sakit flu atau demam. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan aspek-aspek penting seperti dosis yang dianjurkan, efek samping, dan juga efektivitas penggunaan, ya.

Nah, tadi itu sedikit tips buat kalian yang ingin mencari obat untuk sakit flu kalian, guys. Tapi yang terpenting, jaga kesehatan kalian dengan makan teratur, istirahat cukup, dan banyak berolahraga, ya. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, ‘kan?