Ngapain Beli yang Baru, 10 Ide Cerdas Memanfaatkan Barang Bekas Ini Gampang Banget buat Kamu Coba

Sayang banget, loh.

Padahal kalau kamu jeli, barang-barang tidak terpakai ini bisa didaur ulang menjadi sesuatu hal yang kegunaannya sangat tidak terduga. Misalnya…

1. Kegunaan kotak iPhone

sumber: brightside

Mungkin inilah wadah mentega paling mahal sedunia. Hmm, pasti rasa makanan yang menggunakan mentega ini jadi ‘mewah’ ya.

2. Sofa kaleng soda

sumber: brightside

Tuh, yang suka minum minuman soda kalengan bisa jadi inspirasi nih. Kalau didudukin kira-kira sofa ini bakal penyok nggak, ya?

3. Gitar dari konsol game

sumber: brightside

Kalau kamu gamers sekaligus gitaris, ide ini pasti bikin kamu senang setengah mati. Kuy lah dicoba.

4. Ban sepeda dari sepatu

sumber: brightside

Nah, ini ide paling cerdas dan kreatif abis. Kira-kira gimana ya rasanya naik sepeda tapi ban terbuat dari sepatu?

5. Karton tisu toilet untuk menggulung kabel

sumber: brigthside

Suka ngerasa gerah kalau melihat kabel gulung bersilewaran kemana-mana? Kamu bisa memanfaatkan karton pada tisu toilet untuk kegunaan seperti contoh di atas loh.

Tapi, kamu sendiri gimana? Apa kamu termasuk orang yang suka pakai air atau tisu untuk… you know lah.

6. Lampu flash handphone sebagai lampu darurat

sumber: brightside

Nah, kalau ini sangat berguna jika rumahmu sedang terjadi pemadaman listrik dan kebetulan lilin lagi habis. Eits, tapi cara ini bisa dipakai kalau baterai handphone penuh loh ya; kalau lowbat yaa sama aja bohong dong. Peace

7. Kaleng sebagai panggangan dadakan

sumber: brighside

Caranya mudah, ambil kaleng susu yang sudah tak terpakai lalu gunting seperti ilustrasi di atas. Setelah itu taruh alumunium foil di atasnya dan isi dengan bara. Tambahkan jaring-jaring kawat dan kamu pun siap untuk membuat sosis bakar favoritmu itu. Yummy!

8. Kegunaan tidak terduga dari troli

sumber: brightside.me

Kamu pasti tahu kalau fungsi awal barang ini ya buat menaruh barang belanjaan. Tapi kalau kamu memotong sisi depannya, maka kamu bisa mendapatkan sebuah kursi taman yang antimainstream.

9. Tudung lampu dari parutan wortel

sumber: brighside

Nah, kalau kamu ingin konsep rumah yang agak lucu dan nyentrik, bisa loh memanfaatkan barang bekas di dapur orangtuamu. Salah satunya adalah memanfaatkan parutan wortel sebagai tudung lampu kece seperti ilustrasi di atas.

10. Barang bekas seperti botol plastik bisa jadi kayak gini

sumber: brightiside

Nah, terbukti kan barang bekas pun bisa jadi sangat berguna kalau kamu jeli memanfaatkannya. Daripada kamu membeli mahal-mahal spakbor sepeda yang rusak, manfaatkan saja botol plastik bekas seperti gambar di atas.

Jadi jangan anggap remeh barang bekas tidak terpakai karena kalau diolah dengan cerdas, hasilnya bisa jadi luar biasa.

Sumber: BrightSide