Nggak Banyak yang Tahu! Ternyata Manusia Punya 4 Kemampuan Super Ini

Padahal, sebenernya manusia biasa juga punya kemampuan super, lho. Tapi, nggak banyak yang tahu soal ini. Kamu pun pasti nggak tahu kalau tubuhmu punya kekuatan tersembunyi yang bisa aktif di waktu-waktu tertentu.

Biar makin paham apa aja kekuatan super manusia, ini lho ulasan singkatnya buat kamu.

1. Melihat dalam gelap

Percayakah kamu manusia bisa melihat dalam gelap? Kebanyakan pasti menjawab tidak. Tapi, penelitian di University of Rochester sudah membuktikannya.

Kalau kamu pengen ngebuktiin juga, coba pergi ke tempat gelap sampai kamu nggak bisa ngelihat apa-apa. Kemudian lambaikan tangan dengan cepat di depan wajahmu. Melihat sesuatu? Kurang lebih, yang akan kamu lihat adalah seperti video di atas.

Kalau kamu butuh penjelasan soal ini, sebenarnya gampang kok. Mata cuma alat untuk melihat, tapi seluruh tubuh manusia akan menanggapi rangsang dan bekerja sesuai perintah otak. Nah, saat indera penglihatan menurun fungsinya, bagian tubuh lain akan membantu otak untuk melihat. Keren, kan?

2. Pendengaran yang sangat baik

via furycat.com

Manusia memang cuma dapat mendengar hingga 20.000 hertz. Ini lebih buruk dibanding kucing, anjing, dan kelelawar.

Tapi, saat berada di bawah air alias menyelam, kemapuan pendengaran manusia akan meningkat pesat hingga 10 kali lipat. Di dalam air, manusia mampu mendengar hingga frekuensi 200.000 hertz.

Editors’ Picks

  • 5 Sifat Ini Kelihatannya Normal Banget, tapi Bisa Jadi Pertanda Seseorang Itu Psikopat
  • Benarkah Bau Kentut Mampu Mengurangi Risiko Terkena Kanker, Stroke, atau Serangan Jantung?
  • Wow! 15 Fakta Psikologis Ini Buktikan Bahwa Otak Manusia Itu Keren Abis
  • Percaya Gak, Ternyata Manusia Biasa Seperti Kita Juga Mempunyai Kekuatan Super, Lho!
  • Duh! Dibalik Joroknya Kebiasaan Ngupil Ada 4 Fakta Unik Ini

3. Kulit punya kemampuan mencium bau

via hdhomeo.com

Selama ini satu-satunya indera penciuman manusia adalah hidung. Tapi, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa kulit sebenarnya bisa mencium bau.

Nggak cuma itu, saat mencium bau yang wangi, sel-sel kulit juga akan melakukan pembelahan 32 persen lebih banyak. Mungkin ini juga jadi bukti kalau spa dengan aroma yang wangi bisa mempercantik kulit.

Tapi, dalam penelitian ini aroma yang digunakan 1.000 kali lebih kuat dibanding aroma yang bisa terdeteksi oleh hidung.

4. Mendengarkan suhu

Percayakah kamu bahwa manusia bisa mendengarkan suhu atau paling nggak bisa membedakan antara panas dan dingin? Untuk membuktikan, coba uji coba singkat yang satu ini.

Dengarkan kucuran air di gelas pertama:

Sekarang, dengarkan kucuran air di gelas kedua:

Bisa mendengar perbedaannya? Percobaan sederhana ini diuji coba oleh perusahaan asal Inggris, Condiment Junkie. Dalam percobaan ini, 96 persen orang menjawab benar, yaitu gelas pertama adalah air dingin dan gelas kedua adalah air panas.

Lagi-lagi, percobaan ini membuktikan kalau manusia punya kekuatan super, kan. Tapi sebenarnya yang paling berpengaruh adalah otak.

Setelah simak info di atas, apakah kamu sudah percaya kalau manusia punya kemampuan super? Meski dari luar kelihatannya biasa aja dan nggak ada yang istimewa, ternyata manusia benar-benar diciptakan dengan banyak rahasia yang kita sendiri sama sekali nggak tahu!