Nggak Cukup Baca Naskah Saja, 12 Aktor Ini Sampai Melakukan Hal Gila buat Mendalami Karakter di Film

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendalami karakter dalam film atau drama. Misalnya seperti yang dilakukan 14 aktor ternama berikut ini. Alih-alih hanya mempelajari karakter dari naskah saja, deretan aktor di bawah ini sampai melakukan pengorbanan yang belum tentu bisa dilakukan oleh aktor lain. Berikut ini kisahnya.

1. Demi mendalami peran sebagai Peter Parker di Spider-Man: Homecomings, Tom Holland bela-belain jadi anak sekolah lagi

Ngeceng cewek di kantin sekolah juga jadi bagian wajib buat Tom Holland/via nerdist.com

Observasi yang dilakukan Tom Holland ini cukup nyeleneh. Meskipun sudah lulus sekolah, Holland tiba-tiba saja datang ke suatu sekolah yang ada di Kota Bronx, Amerika Serikat. Dia berpura-pura menjadi murid baru selama tiga hari. Selama di sekolah, dia diam-diam memberitahu siswa di sekelilingnya kalau dirinya adalah Spider-Man. Sontak saja nggak ada satu pun orang yang percaya dengan apa yang dia katakan.

Tindakannya untuk mendalami karakter Peter Parker terkesan konyol. Tapi performa yang ditunjukkannya di Spider-Man: Homecomings membuktikan kalau usahanya itu nggak sia-sia belaka ‘kan?

2. Nggak cuma belajar lewat naskah film saja, Timothee Chalamet rela buat belajar bahasa Italia, main piano, dan gitar sebelum berakting menjadi Elio di Call Me by Your Name

via twitter.com

Aktor yang pernah berperan di film Interstellar ini menghabiskan waktu selama tiga bulan untuk mempelajari semua hal yang diperlukannya tersebut. Buat bikin dirinya fasih berbahasa Italia, Chalamet sampai tinggal di Kota Crema, Italia, selama lima bulan dan berbaur dengan warga lokal di sana.

3. Selama penggarapan film Blue Valentine, Michelle Williams, Ryan Gosling dan Faith Wladyka tinggal bersama rumah yang jadi tempat syuting selama sebulan

via pinterest.co.uk

“Harta yang paling berharga adalah keluarga.” Sepenggal lirik ini kayaknya jadi inspirasi untuk para pemeran di film Blue Valentine. Ryan Gosling melakukan beberapa hal seperti membuat pesta natal bohongan, bertengkar seharian dengan Michelle Williams, sampai mengajak Faith Wladyka pergi ke taman bermain. Itu semua dilakukan supaya mereka bisa menghayati peran sebagai satu keluarga.

4. Setelah mendapat peran sebagai Boyd “Bible” Swan di film Fury, Shia LaBeouf nggak tanggung-tanggung bergabung dengan Garda Nasional Amerika Serikat

via etonline.com

Apa kamu masih ingat dengan video Shia LaBeouf yang menyuruh kita untuk “Just do it“? Ajakannya tersebut nampaknya bukan sebatas omong kosong. Untuk mendalami karakter Bible yang religius, LaBeouf sampai mempelajari agama dengan serius hingga dia diangkat menjadi asisten kapelan di satuan infanteri Garda Nasional Amerika Serikat. Selain itu, dia juga tinggal selama sebulan di pangkalan militer tersebut.

Editor’s Pick

  • Jack Gyllenhaal Bakal Berperan Jadi Villain Utama di Sekuel Spider-Man: Homecoming?
  • 15 Properti Film Termahal yang Pernah Terjual, Harganya Bikin Jantungan nih
  • Ini Dia 10 Film Baru Juli 2018 yang Wajib Masuk Daftar Tontonan Kamu

5. Buat menunjukkan totalitasnya terhadap serial Game of Thrones, Emilia Clarke justru membiarkan rambutnya tetap berwarna pirang

via digitalspy.com

Aktris yang juga terkenal dengan perannya sebagai Qira di Solo: A Star Wars Story ini sebetulnya berambut hitam lho. Hanya saja dia nggak merubah warna rambut pirangnya setelah selesai syuting Game of Thrones. Hal itu dia lakukan supaya dirinya bisa menjiwai karakter Daeerys Targaryen di musim terakhir GoT.

6. Sebelum berakting menjadi Michonne di The Walking Dead, Danai Gurira berlatih habis-habisan teknik pedang

via businessinsider.com

Danai Gurira meminta bantuan seorang ahli pedang untuk mengasah kemampuannya dalam menggunakan pedang agar aksinya di The Walking Dead nggak terkesan dibuat-buat. Ditambah lagi, dia juga mempelajari teknik penggunakan pedang katana agar terlihat benar-benar mirip seperti Michonne.

7. Adrien Brody menjual mobil serta apartemennya dan hanya menenteng dua tas saat berangkat ke lokasi syuting The Pianist

via pinterest

Yup, itu semua benar-benar dilakukan oleh Adrien Brody. Dia semata-mata melakukannya demi merasakan kesengsaraan yang dialami oleh Wladyslaw Szpilman, tokoh utama di film The Pianist.

8. Selama proses casting Stranger Things, Millie Bobby Brown rela menggunduli kepalanya demi mendapat peran sebagai Eleven

via youtube.com

Ada istilah “rambut adalah mahkota bagi perempuan”. Tapi Millie Bobby Brown rela mencukur habis mahkotanya itu demi peran sebagai Eleven. Melalui Instagram-nya, dia bahkan berpendapat jika penampilan dan aksesoris apa pun yang menempel di perempuan bukan lah hal yang begitu penting.

9. Ketika menyiapkan peran Noah di film The Notebook, Ryan Gosling mengikuti kursus jadi tukang kayu supaya dirinya menjiwai karakter yang diperankan

via okchicas.com

Yup, kemampuan akting saja nggak cukup untuk mampu memerankan seorang tokoh dalam film. Gosling bahkan harus mempelajari kemampuan lain yang bakal berguna sekali untuknya setelah selesai syuting. Gosling bahkan sempat membuat beberapa properti yang dipakai di film tersebut. Salah satunya adalah meja makan yang digunakan oleh Noah dan Allie di atas.

10. Margot Robbie tekun berlatih ice-skating supaya dirinya nggak malu-maluin Tonya Harding di film I, Tonya

via rollingstone.com

Jika kamu nggak tahu siapa Tonya Harding sebenarnya, dia adalah mantan atlet olahraga ice skating yang terkenal di akhir tahun 80-an hingga akhir kariernya di tahun 1994. Margot Robbie tentu punya beban berat untuk memerankan tokoh terkenal tersebut. Untuk mengantisipasi kalau-kalau dirinya melakukan kesalahan, Robbie memilih untuk berlatih ice-skating dengan tekun setiap harinya selama empat jam sebelum menjalani proses pengambilan gambar.

11. Para pemain One Flew Over the Cuckoo’s Nest rela begadang semalam suntuk di rumah sakit selama proses produksi film berlangsung

via infofilm.org

Jack Nicholson dan yang lainnya memang nggak lagi nobar nonton Piala Dunia pada saat itu. Tapi, mereka rela melakukan hal tersebut untuk membiasakan diri mereka dengan situasi rumah sakit selama proses penggarapan film ini. Mereka bahkan berdiam di rumah sakit bersama dengan para pasien asli.

12. Supaya aktingnya sebagai Clarice di The Silence of the Lambs tampak natural, Jodie Foster terlebih dahulu belajar dan bekerja di Quantico bersama divisi FBI yang menangani kasus pembunuhan berantai

via slate.com

Lewat pengalamannya bersama FBI, dia mendapatkan pelajaran bahwa untuk menginvestigasi seorang pembunuh berantai, kamu nggak bisa cuma mengandalkan metode biasa saja.

Jika melihat dari usaha dari aktor yang baru saja dibahas, kita jadi sadar kalau berakting sebagai orang lain di film itu nggak mudah. Menurut kamu dari 12 aktor ini, siapa yang punya persiapan paling maksimal dalam berakting? Atau kamu punya pilihan lain? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya!

Sumber: Buzzfeed