Nggak Cuma Mona Lisa, 11 Lukisan Ini Juga Penuh Misteri

Selain Mona Lisa, ternyata ada 11 karya lain yang juga menarik perhatian penikmat seni di seluruh dunia karena memiliki maksud tersembunyi. Lukisan-lukisan tersebut adalah…

1. Starry Night – Vincent Van Gogh

via wikipedia.org

Selama hidupnya Van Gogh hanya menjual satu lukisan karena karyanya sempat dicerca. Namun karyanya menjadi terkenal setelah dirinya meninggal. Karya seninya kini di pamerkan sebagai koleksi di Museum of Modern Art, New York.

2. The Last Supper – Leonardo Da Vinci

via wikipedia.org

Selain Mona Lisa, lukisan Da Vinci yang satu ini juga menarik perhatian. Karya ini disebut-sebut menggambarkan makan bersama terakhir Yesus bersama 12 muridnya sebelum disalib.

3. The Creation of Adam – Leonardo Da Vinci

via wikimedia.org

Da Vinci kerap dijuluki sebagai seorang jenius dengan imajinasi yang tinggi. Bukan hanya sebagai pelukis, ia juga dikenal sebagai penemu, pemahat, dan arsitek. Nah, karyanya yang satu ini menggambarkan awal mula penciptaan manusia.

4. The Scream – Edvard Munch

via wikipedia.org

Hasil karya Edvard ini dibuat dengan cara yang unik. Pasalnya, Edvard menggunakan kardus untuk mencoiptakan efek mengerikan dan berlapis sebagai latar depan karyanya.

5. The Persistence of Memory – Salvador Dali

via flickr.com

Lukisan dengan gambar jam meleleh ini diduga terinspirasi dari Teori Relativitas Albert Einstein. Konon, karya ini juga mengingatkan tentang pentingnya waktu dalam kehiudpan manusia.

6. Girl With A Pearl Earring – Johannes Vermeer

via wikipedia.org

Koleksi Mauritshuis, Den Haag ini menggambarkan tentang gadis Eropa dengan gaun eksotis, penutup kepala, dana anting mutiara. Hal misterius darinya adalah pewarnaan yang halus dengan latar belakang gelap.

7. The Nightwatch – Rembrandt Van Rijn

via wikipedia.org

The Nightwatch merupakan lukisan asal Belanda yang paling terkenal.

8. Water Lilies – Claude Monet

via wikipedia.org

Sebenarnya, kebanyakan karya Claude Monet terinspirasi dari kebun miliknya. Ia kemudian memindahkan pemadangan cantik dari kebunnya ke atas kanvas. Namun, penggambaran yang kabur dikaitkan dengan katarak yang diderita Monet saat membuatnya.

9. Guernica – Pablo Picasso

via flickr.com

Karya ini mengisahkan tentang pemboman di Guernica, sebuah desa Basque di utara Spanyol.

10. American Gothic – Grant Wood

via wikipedia.org

Karya ini seringkali disebut sebagai penggambaran ikonik Amerika di abad ke-20.

11. The Great Wave of Kanagawa – Katsushika Hokusai

via wikipedia.org

Pada zamannya, karya seni asal Eropa memang sangat populer. Namun, Hokusai berhasil menembusnya dengan Great Wave.

Bagi orang awam, akan sangat sulit memahami apa yang ingin dikisahkan para pelukis ini. Meski begitu, kamu pasti setuju kalau semuanya begitu indah dan misterius, bukan?