Ngintip Canggihnya Teknologi Baru Stadion Gelora Bung Karno yang Siap Membuat Tetangga Sebelah Iri

Renovasi dalam rangka persiapan Asian Games 2018 telah memasuki babak akhir. Perubahan yang tentu membuat wajah Stadion kebanggaan kita itu berbeda dari dulu. Tidak hanya sisi luar saja, markas dari banyak cabang olahraga itu juga menambahkan sentuhan teknologi di dalamnya. Untuk mengetahui bagaimana bentuk baru Gelora Bung Karno simak ulasannya sebagai berikut.

1. Teknologi Keamanan yang Dapat Melindungi Semua Penonton.

Sebagai sebuah Stadion kebanggaan tentu tedapat beragam penonton yang hadir. Tidak menutup kemungkinan adanya kaum difabel di dalamnya. Untuk menunjang masyarakat yang berkebutuhan khusus tersebut, GBK berbenah dengan pemasangan 24 lift yang ditujukan kepada mereka.

Lift untuk Masyarakat Berkebutuhan Khusus [ image source ]

Keselamatan para tamu penting untuk diperhatikan. Pemasangan Royal Box anti peluru adalah buktinya. Diharapkan dengan adanya teknologi keamanan tersebut dapat menjaga para petinggi dan tamu-tamu yang hadir. Sekaligus menanggulangi juga apabila terjadi kerusuhan di dalam lapangan. Jadi dengan teknologi ini akan membuat siapa saja aman saat ke Stadion.

2. Pencahayaan Yang Berstandar FIFA Menjadikan Tontonan Semakin Jelas Terlihat

Aspek pencahayaan tentu  tidak kalah penting dari keamanan. Tentu kurang nyaman rasanya bila perhelatan dilakukan dengan penerangan yang pas-pasan. Penggunaan lampu LED sebanyak 610 set berstandart FIFA pada stadion tentu akan membuat suasana GBK makin semarak nan gegap gempita layaknya tengah menyaksikan pertandingan kelas dunia.

Bentuk Lampu Stadion [ image source ]

Pencahayaan Stadion nasional tersebut menggunakan kekuatan 3.500 lux atau hampir 3 kali lebih besar dari sebelumnya yang hanya 1.200 lux. Serta dapat menghemat sistem konsumsi listrik sampai 50 persen dari lampu konvensioanal. Pengaruh didapatkan tentu bukan hanya untuk orang yang berada Stadion tapi untuk tayangan TV juga.

3. Stadion Lebih Go Green dengan Penggunaan Energi Alternatif.

Penggunaan energi alternatif juga ikut dipikirkan untuk melestarikan energi alam. Pemasangan surya panel pada GBK bisa dikatakan adalah langkah awal menuju stadion yang mengusung energi lain. Hal tersebut merupakan terobosan yang kelak akan banyak ditiru oleh gelanggang olahraga di Indonesia.

pemasangan panel surya [ image source ]

Penerapan Zero Rain Off juga diesmatkan pada Stadion GBK. Alat yang memiliki fungsi sebagai panampung air hujan ini akan sangat berguna. Dengan semakin sedikitnya air tanah di Jakarta, sistem ini mampu menampung air hujan, dan mengelola pasokan air di waktu kemarau jadi tidak ada alasan bahwa rumput kering.

4. Semua Aktivitas Terpantau CCTV

Pemasangan CCTV yang mampu menyorot wajah pada saat penonton datang dan waktu terjadi suatu pertengkaran antar suporter, merupakan salah satu teknologi yang ditanam dalam GBK. Buat oknum yang suka usil, kalau mereka melanggar hukum dan merugikan pasti akan langsung dapat diketahui identitasnya.

CCTV yang Akan di Stadion [ image source ]

Perlu diketahui ya sobat CCTV yang bernama lain Fitur Face Recognition ini hanya digunakan untuk keamanan stadion bukan untuk mencari wajah jodoh kalian. Ehem..

5. GBK Akan Lebih Menarik Dengan Penambahan Wifi

Penggunaan Wifi dalam Stadion mungkin sangat jarang ada pada Stadion Indonesia. Tetapi hal tersebut tidak berlaku pada Stadion GBK. Meskipun terkesan mirip Cafe yang menyediakan internet. Dengan adanya sarana seperti ini, memudahkan siapapun yang butuh jaringan internet untuk berkomunikasi.

WIFI yang Akan Terpasang Pada Stadion GBK [ image source ]

Pemasangan internet pastinya akan menambah keseruan saat kita ingin menonton langsung pertandingan, jarkom seputar informasi pertandingan dan sebagainya. Selain aman kita tidak perlu takut lagi dimarahi pacar karena gangguan sinyal atau pulsa data habis ya Boombrez.

Perubahan stadion yang sudah berusia 55 tahun ini tentunya akan menambah kehebatannya. Dari berbagai sisi yang telah diperbarui. Hal tersebut akan meningkatan rasa nyaman pada saat menonton langsung di stadion. GBK adalah symbol kebanggaan Indonesia di bidang dunia olahraga, tentu dapat menjadi penunjang para atlit untuk lebih berprestasi. Karena insfrastruktur adalah alat untuk mengasah bakat agar lebih tajam lagi.