Patut Jadi Contoh Nih! 8 Hal Ini Bikin Sistem Pendidikan Jepang Super Keren

Keberhasilan sistem pendidikan Jepang tak hanya terbukti lewat beragam inovasi teknologi yang mumpuni, tapi juga cara para pemimpin dalam memerintah negara. Seorang pejabat pemerintahan di Jepang, otomatis akan mengundurkan diri dari jabatannya dan meminta maaf pada rakyat ketika ia melakukan kesalahan. Bahkan, kesalahan kecil sekalipun.

Kok, bisa ya?

Tahu nggak sih, ternyata 8 hal ini lho yang bikin sistem pendidikan Jepang keren banget?

1. Pembelajaran sikap dulu, baru akademik

via npr.org

Tiga tahun pertama sekolah di Jepang sama sekali tak mementingkan akademik alias pengetahuan. Siswa diajarkan tentang sikap dan kesopanan, serta pembentukan karakter.

2. Sekolah tanpa tukang bersih-bersih

via regex.info

Setiap sekolah di Jepang mengajarkan pada siswanya tentang kebersihan dan tanggung jawab. Dan, ya, kebersihan sekolah termasuk kafetaria dan toilet merupakan tanggung jawab penghuninya, bukan?

3. Menu makan siang sehat

via http://jpninfo.com

Bukan hanya soal pendidikan, sekolah-sekolah di Jepang juga sangat memperhatikan kecukupan gizi siswa. Bahkan, menu makan siang yang disajikan tiap hari dimasak oleh ahli kesehatan dan gizi.

4. Kursus setelah sekolah

via brightside.me

Kursus atau les merupakan hal yang wajar di Jepang. Bukan hanya sebagai pelajaran tambahan, kursus juga akan memperdalam materi yang telah dipelajari di sekolah.

5. Budaya tak boleh ditinggalkan

via youtube.com

Meski teknologi di Jepang super canggih, mereka tak pernah meninggalkan budayanya. Hingga kini, kaligrafi dan puisi menjadi pelajaran wajib di sekolah.

6. Persentase kehadiran hingga 99,99%

via kiwi.com

Di Jepang, sangat jarang terjadi siswa yang terlambat masuk kelas, apalagi bolos sekolah.

7. Satu tes tentukan masa depan

via http://realitypod.com

Di akhir masa SMA, siswa di Jepang akan mengikuti sebuah tes dengan persaingan tinggi. Tes tersebut akan menentukan apakah siswa bisa melanjutkan kuliah atau tidak.

8. Masa kuliah adalah yang terbaik

via tofugu.com

Setelah menjalani tes yang super sulit dan menegangkan, tentu tiba waktunya pengumuman. Nah, masa-masa di perguruan tinggi ini merupakan masa belajar yang menyenangkan dan sering disebut sebagai ‘liburan sebelum bekerja’.

Kapan ya, sistem pendidikan Indonesia bisa lebih unggul dari Jepang? Mudah-mudahan generasi muda Indonesia jika menjadi pemimpin nanti bisa melakukannya!