Penasaran Gimana Orang yang Buta Warna Melihat Dunia? Ini Dia nih Jawabannya!

Buta warna sendiri ada beberapa macam tipe. Contohnya, deuteranomalia yang membuat penderitanya melihat semua hal memiliki warna yang sedikit pudar; protanopia, yang membuat semua hal jadi terlihat agak hijau bagi penderitanya; dan monochromacy atau buta warna total. Orang yang menderita buta warna ini hanya bisa melihat dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Seperti TV jaman dulu gitu, guys. Di seluruh dunia, hanya sekitar 0.00003% orang saja yang menderita monochromacy.

Nah, selain yang sudah disebutkan, ada juga yang disebut buta warna tritanopia. Seperti dikutip dari Color-blindness, tritanopia membuat penderitanya sulit membedakan antara warna biru dengan hijau, serta kuning dengan violet.

Tertarik dengan isu tersebut, seorang fotografer bernama Davide Sasso mencoba memperlihatkan kepada kita bagaimana seorang penderita buta warna tritanopia melihat dunia lewat foto-fotonya. Wuihh, bikin penasaran, ‘kan?

Dilansir dari Boredpanda, ini dia nih beberapa fotonya yang diambil di Italia. Cek langsung deh, guys!

1. Cenderung merah ya warnanya? Aslinya kuning, lho

2. Warna yang nyaris serupa juga terlihat di foto ini

3. Tahu nggak apa seharusnya warna yang ada di foto ini?

4. Seperti hutan musim gugur ala warna merah, ya

5. Daun yang di tengah itu warna hijau, sedangkan yang di sekitarnya warna kuning

6. Agak surreal ya kelihatannya, sekaligus indah

7. Ingat, biru itu hijau; hijau itu biru

8. Sekarang kita tahu gimana pemandangan sekeliling dari kacamata buta warna tritanopia

Nah, tadi itu merupakan point of view orang-orang yang mengidap buta warna tritanopia, guys. Keren ‘kan idenya Davide Sasso ini?