Pengin Lihat Kekuatan Super ala Superhero di Dunia Nyata? Coba Tengok 7 Hewan Unik Ini

Cling!

Seketika bos kamu keheranan lihat kamu lenyap dari hadapannya. Dan kamu pun akhirnya dipecat. Lho, kok malah nggak enak ya akhirnya? Ya sudahlah, intinya kamu nggak usah berkhayal punya kekuatan kayak superhero. Yang ditakdirkan untuk punya kekuatan super itu bukan manusia malah, tapi binatang. Hewan-hewan yang bakal kita bahas ini malah bisa bikin tokoh-tokoh superhero iri hati.

Kenapa? Sebab kekuatan super mereka nyata, nggak cuma sebatas fiksi belaka.

1. Kadal basilisk, Kung Fu master para reptil

via wonderopolis.org

Kamu yang pernah nonton film–film kung fu shaolin pasti familiar sama adegan berlari di atas air. Tapi apa benar para master shaolin bisa melakukan hal tersebut di dunia nyata? Hmm… sejauh ini sih saya belum nemu buktinya. Tapi di dunia hewan, ada satu spesies yang mampu berlari di atas air.

Kadal basilisk sanggup berlari sejauh 4,6 meter di atas permukaan air. Lipatan kulit yang tipis di telapak kaki kadal basilisk menciptakan gelembung udara yang berfungsi seperti pegas untuk membantu kadal berlari di permukaan air tanpa tenggelam.

Wow, coba bayangkan kalau kamu punya kemampuan kadal basilisk. Pasti kamu langsung dianggap suhu sama orang-orang. Atau seenggaknya, kemampuan ini bisa berguna pas kamu ketemu mantan di tepi sungai.

2. Kage Bunshin no Jutsu di dunia nyata (?)

via phys.org

Punya banyak kerjaan tapi pengin diselesaikan sekaligus? Bakal lebih efisien kalau kamu punya jurus Kage Bunshin no Jutsu (memperbanyak diri) ala Naruto. Iya nggak? Yaa, meskipun cuma sebatas fiksi, menurut saya jurus ini bakal berguna sekali buat meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Eits, ternyata kemampuan memperbanyak diri nggak sepenuhnya fiksi lho. Cacing planaria punya kemampuan regenerasi yang luar biasa. Saat dipotong kecil-kecil, setiap potongan cacing bakal tumbuh menjadi individu yang baru. Tapi luar biasanya lagi, setiap potongan itu mampu menyimpan ingatan dari tubuh awalnya.

Ibaratnya kalau tubuh kamu dibelah dua, bakal ada satu orang lagi yang sama persis kayak kamu.

3. Mata sakti Ophiocoma Wendtil

via nl.wikipedia.org

Di balik bentuk tubuhnya yang nggak enak dilihat, bintang laut ini punya kekuatan super yang mungkin nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya: seluruh bagian tubuhnya dipenuhi oleh… mata.

Ophiocoma wendtii tergolong hewan laut yang rapuh. Tapi untungnya, dia bisa melihat ke segala arah dengan mata berbentuk seperti bola kristal kecil yang meliputi tubuhnya. Alhasil hewan ini bisa lari dari predator, mencari tempat sembunyi, dan mengamati daerah sekitar secara bersamaan.

Agak mengerikan kalau kamu punya kemampuan all-seeing eye kayak Ophiocoma wendtii. Soalnya setiap pori-pori di kulit kamu bakal berubah jadi bola mata.

Editor’s Pick

  • Horor Banget! Kamu Berani Jadi Siswa di Salah Satu dari 5 Sekolah Berhantu Ini?
  • 9 Makhluk Mitologi Ini Namanya Jarang Terdengar, Tapi Penampakannya Bikin Kamu Merinding
  • Aneh Tapi Nyata, Kisah 5 Hewan Yang Dijatuhi Hukuman Mati Ini Benar-Benar Pernah Terjadi

4. Ninja versi dunia hewan

via mnn.com

Aksi ninja yang menghilang di balik ledakan bom asap nggak cuma bisa kamu lihat di layar kaca saja. Yup, gurita juga melakukan hal yang hampir sama saat berhadapan dengan musuhnya. Cuma bedanya, gurita nggak pakai bom asap, melainkan tinta yang berasal dari dalam tubuhnya.

Kemiripan gurita dengan ninja sebenarnya nggak cuma itu saja lho. Hewan ini mampu menyelinap tanpa diketahui mangsanya, berkamuflase, dan melepas tentakelnya yang bisa dipakai sebagai umpan. Bahkan ada spesies gurita penyamar yang pandai meniru berbagai bentuk hewan laut lainnya. Nggak heran kalau gurita punya reputasi sebagai hewan avertebrata paling pintar yang menghuni lautan.

Kalau kamu punya kemampuan kayak gurita, secara teknis kamu adalah ninja!

5. “Kanker… apa itu kanker?”

via theverge.com

Mungkin sebagian dari kamu merasa jijik melihat wujud tikus yang buruk rupa ini. Tapi di balik itu, kekuatan super yang dimiliki tikus mol telanjang bisa bikin umat manusia merasa dengki. Pasalnya, tikus ini adalah satu-satunya mamalia yang kebal terhadap kanker dan rasa sakit.

Para ilmuwan masih meneliti asal-usul kekuatan anti-kanker tikus mol telanjang. Harapannya, supaya suatu hari penelitian mereka bisa berguna untuk mengobati kanker pada manusia. Coba bayangkan kehidupan manusia tanpa kanker, bro! Pasti perokok bakal lebih banyak. Gaya hidup yang sehat juga bakal mulai ditinggalkan orang-orang. Lho, lho, tunggu dulu…

6. Kemampuan mencairkan diri ala timun laut

via latimes.com

Salah satu momen menyebalkan yang sering terjadi dalam hidup: pulang ke rumah, tapi rumahnya dikunci dari luar dan kamu nggak tahu siapa yang pegang kuncinya. Menyebalkan memang, apalagi kalau kamu pulang dalam kondisi kecapekan. Tapi apa kamu pernah terpikir ingin punya kekuatan timun laut pas terjebak dalam situasi tersebut?

Timun laut bisa mengubah jaringan tubuhnya yang padat menjadi cair, membuatnya mampu menyelinap lewat celah-celah kecil bebatuan atau terumbu karang di dasar laut. Nggak cuma itu, hewan ini juga bisa menyemburkan (membuang) organ dalamnya yang sudah tak berfungsi dan kemudian menyembuhkannya kembali.

Wah, seandainya punya kekuatan timun laut, kamu tinggal mencairkan diri terus masuk ke rumah yang terkunci lewat sela-sela pintu deh. Tapi kayaknya orang-orang jahat pun bakal senang punya kekuatan super ini.

7. Geobacter si pemakan listrik

via io9.gizmodo.com

Apa kamu termasuk orang yang paling takut tersengat listrik? Memang sih, kesetrum itu rasanya nggak enak. Apalagi kalau daya listriknya kuat, malah bisa fatal akibatnya. Tapi coba katakan itu pada Geobacter, yang ada pasti kamu langsung diketawai.

Geobacter adalah bakteri pemakan energi listrik. Dalam suatu penelitian, para ilmuwan menempatkan Geobacter di atas elektrode (pengantar listrik). Bukannya tersengat, secara mengejutkan bakteri itu malah tumbuh besar.

Kekuatan listriknya memang nggak sebesar Pikachu. Tapi kalau kamu punya kekuatan Geobacter, perangkat listrik yang pernah bikin kamu kesetrum malah bisa jadi sumber energi. Nggak usah repot-repot masak, megang kabel listrik doang bisa bikin kamu kenyang.

Di antara kekuatan super yang dimiliki ketujuh hewan di atas, mana yang pengin kamu miliki di dunia nyata? Kasih tahu pendapat kamu di kolom komentar ya.