Percaya Nggak 7 Hal Ini Justru Membuat Kinerja Otak Semakin Menurun Setiap Harinya

1. Asisten digital justru membuat kamu lebih bodoh

via stratablue.com

Mungkin kamu merasa smart dengan kehadiran Siri, Google, Alexa, ataupun beberapa asisten digital lainnya. Memang keberadaan asisten digital ini mampu mengingat segala kebutuhan kita, tapi sadarkan kamu akan suatu hal yang sangat penting? Kita justru menjadi kurang atau bahkan tidak mengingat hal-hal tersebut. Coba sekarang buktikan, apakah kamu mengingat nomer handphone kamu sendiri plus nomer 5 orang terdekatmu?

2. Terlalu sering memakan fast food

via inspiratorfreak.com

Penelitian yang dilakukan kepada beberapa orang di Australia membuktikan bahwa ketika orang mengkonsumsi fast food selama lima hari berturut-turut dapat menurunkan fungsi memori, fokus, kecepatan berpikir, dan mood. Dr. William juga menambahkan bahwa diet dengan nutrisi yang kurang juga menjadi faktor kinerja otak menurun.

3. Sering mager? Siap-siap deh jadi lemot

via rushfitnesskolkata.wordpress.com

Olahraga tidak hanya baik untuk membentuk tubuh, tapi juga baik untuk menjaga kinerja otak agar tetap berfungsi maksimal. Dengan melakukan olahraga beberapa menit mampu meningkatkan perasaan gembira, daya ingat, dan mengurangi rasa sakit. Nah, cocok tuh yang lagi sakit karena patah hati.

4. Beraktivitas dalam ruangan bercahaya temaram

via rd.com

Mungkin terdengar romantis ya, tapi tidak untuk kebaikan otakmu. Penelitian yang dilakukan oleh Michigan States menyebutkan bahwa bekerja di dalam ruangan bercahaya temaram justru bisa merubah struktur otak dan merusak kemampuan otak untuk mengingat dan belajar.

5. Kebiasaan multitasking

via crystalinks.com

Yap, kamu memang mungkin merasa pintar karena mampu melakukan pekerjaan sekaligus alias multitasking person. Eits, jangan bangga dulu, justru menurut Joe Bates, seorang psikiater mengatakan bahwa melompat dari satu tugas ke tugas lain yang belum selesai dikerjakan malah melatih otak untuk tidak fokus dan otak cenderung menjadi ‘terpecah-pecah’. Hal ini mengakibatkan kamu tidak bisa mengambil keputusan yang baik dan sering melupakan hal-hal penting.

6. Terfokus pada notifikasi handphone yang tidak ada hentinya

via digitaltrends.com

Sekarang era dimana teknologilah yang menguasai manusia, terbukti dengan perhatian yang hampir menyeluruh ke smartphone. Dimanapun, kapanpun kamu pasti selalu mencek notifikasi di smartphone kamu dan ini justru melatih otak agar terus terfokus pada handphone. Dengan begitu bisa dibilang, smartphone akan semakin cerdas, tapi tidak dengan pemiliknya.

7. Sering memanaskan makanan di wadah plastik

via tupperwarebrands.co.my

Membawa bekal memang praktis dan hemat apalagi kalau kamu sedang dalam masa-masa paceklik. Nah, bekal yang umumnya dibawa dalam wadah kotak bekal plastik ini biasanya akan dihangatkan dulu sebelum dikonsumsi. Tapi tahukah kamu, kandungan BPA yang membuat kotak bekal plastik menjadi awet ini berbahaya bagi kinerja otak karena bisa membunuh sel syaraf. Hal ini akan berujung pada emosi yang tidak stabil dan berkurangkanya daya ingat. Biasakan untuk memindahkan makanan ke dalam piring sebelum dihangatkan.

Nah, sudah paham hal-hal yang direkomendasikan oleh Reader’s Digest di atas? Yuk, lakukan dari sekarang biar kamu nggak makin lemot.