Pernah Mengalami 7 Masalah Hidup Ini? Bohong kalau Kamu Jawab Nggak Pernah

Apa saja ketujuh masalah tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Impianmu tidak tercapai

via Financial Tribune

Saat membuat suatu mimpi, ingat-ingat saja pepatah ini

“Manusia hanya bisa berencana tapi Tuhan yang menentukan”

Setuju? Karena nggak semua yang kita rencanakan dan impikan bakal berjalan mulus. Entah itu impian dalam karier, jodoh, bisnis, keuangan, atau impian untuk memiliki 10 ribu follower di Instagram biar bisa swipe up di Instagram Story.

Orang sukses seperti Jack Ma atau Steve Jobs pun pernah gagal di awal sebelum sukses seperti sekarang. Bahkan siapa yang menyangka Italia dan Belanda nggak masuk Piala Dunia 2018? Bahkan superhero juga pernah gagal mengalahkan musuhnya. Ingat Avengers: Infinity War kan? #sesekalingelantur

Nah, yang membuat mereka bisa sukses adalah jangan menyerah! Selain itu coba ambil pendekatan yang berbeda dalam mencapai impianmu, jangan terlalu fokus pada satu cara aja. Ingat yang dikatakan oleh Doctor Strange di Infinity War? Dari 14.000.605 cara untuk mengalahkan Thanos, ada 1 cara yang bakal berhasil.

Tapi perlu digarisbawahi ya kalau cara yang kamu lakukan harus cara yang nggak akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. Dikritik orang lain

via Steemit

Apa pun yang kamu lakukan tidak akan lepas dari kritik dan penilaian orang lain, entah yang kamu lakukan itu benar atau salah. True? Apalagi ketika kamu semakin besar dan semakin sukses, maka kritikan itu juga akan semakin deras. Makanya ada yang bilang kalau jumlah kritikan yang kita terima itu sejalan dengan kesuksesan kita.

Dalam menghadapi ini, ada satu hal yang menarik: kamu tidak akan bisa menyenangkan hati setiap orang yang mengenalmu. Jadi apa pun yang kamu lakukan pasti akan mendapat perhatian dari orang lain.

Ingat ya, tidak semua kritikan itu buruk. Kamu bisa belajar dari hal tersebut untuk meningkatkan kualitas diri jadi lebih baik. Nggak perlu takut.

3. Jatuh sakit atau sakit-sakitan

via The Muse

Investasi paling berharga adalah tubuh kita. Nggak paham juga kenapa orang lebih mengutamakan investasi ke bentuk lain tapi tubuh nggak diperhatikan. Nggak ada yang salah sih kalau mau investasi tanah, bangunan, saham, atau emas. Tapi investasi ke tubuh kita itu juga penting.

Editor’s Pick

  • Trending di Medsos, 5 Challenge Nyleneh Ini Jadi Bukti Kalau Manusia Butuh Pengakuan
  • Bukti Persahabatan Sejati Itu Ada, Cewek Ini Berhasil Membantu Temannya Lepas Dari Narkoba
  • Bebas Dilakukan di Indonesia, 4 Hal Ini Dilarang Keras di Korea Selatan
  • Bingung Mau Ngapain Saat Me Time? Coba Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini
  • 6 Festival Unik dari Berbagai Penjuru Dunia Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Gereget Pengen Ikutan Juga

Jaga kesehatan itu sendiri gampang-gampang susah. Caranya kita pasti sudah tahu, tapi yang bikin susah itu motivasinya. Asli!

Kamu cuma tinggal atur pola tidur, pola makan, dan berolahraga yang teratur. Gitu doang. Selama tiga hal itu rajin kamu lakukan, penyakit masyarakat modern seperti kolesterol atau diabetes bisa kamu hindari. Cuma ya itu tadi, motivasinya itu susah banget datangnya. Apalagi godaan nasi padang, ayam goreng tepung, cake, dan donat tak kunjung kelar. Ugh!

4. Putus sama pasangan

via Jazmine media

Jangan suka ngejekin jomblo, kalau udah putus baru tahu rasa. Hahaha. Bercanda.

Nggak banyak lho orang yang bertemu dengan pasangannya untuk pertama kali terus menikah dan hidup bahagia sampai akhir hayat. Meski pada akhirnya mereka bakal putus juga kalau ada salah satu pihak yang meninggal lebih dulu.

Nah karena kita tergolong orang yang nggak seberuntung kasus di atas, termasuk Bae Suzy sama Lee Min Ho yang juga pernah ngerasain fase ini, putus dalam hubungan itu wajar banget. Entah itu karena nggak cocok sama sifatnya, diselingkuhin, rasa yang kini hilang, terlalu baik, fokus ujian, dilarang orangtua, atau alasan-alasan lain.

Memang sih yang namanya putus itu nggak selalu menyenangkan. Tapi karena hal tersebut kita bisa mengambil pelajaran hidup dan lebih berhati-hati, baik dalam memilih orangnya atau dalam hal melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Tenang saja, waktu akan menyembuhkan segalanya kok. Ingat, obat terbaik untuk patah hati adalah jatuh cinta lagi. Contohnya si Suzy tuh yang bisa move on ke Lee Dong Wook meski akhirnya putus lagi. Ups.

5. Merasa hidup tak bermakna dan repetitif

via Shutterstock

Ketika kamu mulai merasa hidup itu membosankan dan nggak bermakna, mungkin sudah saatnya kamu mencoba hal baru. Entah itu mencari hobi baru, belajar hal yang nggak pernah kamu lakukan, bicara ke orang yang nggak kamu kenal, atau liburan ke tempat baru.

Selain itu umur juga mempengaruhi makna hidup kita sebagai manusia. Makna hidup ketika kita berusia 19 tahun dan ketika berumur 35 tahun pasti beda. Karena ada perbedaan kepentingan dan sudut pandang.

Namun kalau kamu masih merasa hidup ini tetap nggak bermakna dan membosankan, terkadang minta bantuan profesional juga nggak ada salahnya kok.

6. Dapet temen toxic

via inreads.com

Nasihat “Jangan pilih-pilih teman” nampaknya nggak cocok lagi deh untuk saat ini. Karena kalau kamu salah memilih teman, terlebih yang memberi pengaruh buruk, hal itu dapat memberikan dampak negatif untuk hidup kita. Mereka bisa dengan mudah menggagalkan impian kita, menahan kita untuk melakukan hal yang sebenarnya bisa kita lakukan, atau malah mengacaukan segalanya.

Makanya kalau dari sudut pandang penulis, pilih teman itu wajib. Boleh kenal dengan banyak orang, tapi pilih yang bisa kamu jadikan sebagai teman.

Namun saat mereka melakukan kesalahan, kamu nggak harus langsung meninggalkan mereka. Manusia nggak luput dari yang namanya kesalahan. Kamu bisa coba memberi mereka kesempatan kedua selama hal itu masih dalam batas wajar. Ajak mereka untuk berubah dan berbenah di saat mereka salah.

Kalau mereka nggak mau? Jauhi sejenak dan pikirkan apakah kamu benar-benar menginginkan mereka dalam kehidupan jangka panjangmu?

7. Dibayang-bayangi rasa takut

via The University of Sydney

Di dunia ini ada berbagai jenis rasa takut; entah itu takut ketinggian, binatang, tempat sempit, gelap, berbicara depan banyak orang, mutasi jabatan, mengekspresikan diri, sampai takut kematian.

Kamu memang nggak akan bisa serta merta menghilangkan rasa takut begitu saja saat ada temanmu bilang “Jangan takut, kamu pasti bisa”. Selain itu rasa takut juga nggak mungkin sekejap langsung hilang setelah membaca artikel seperti ini. Hal itu disebabkan karena rasa takut biasanya muncul akibat trauma atau ketidaktahuan kita.

Nggak ada yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa takut, kecuali kamu sendiri yang bertekad untuk menghilangkannya. Semua keputusan ada di tanganmu, apakah kamu ingin tetap hidup bersamanya atau bangkit bertarung melawannya. Hidupmu pilihanmu.

Untuk memulainya coba bikin daftar apa saja hal yang kamu takuti dan urutkan dari yang paling ringan ke yang paling berat. Setelah itu coba untuk melawannya satu per satu dari yang paling ringan.

Nah itu dia 7 masalah yang sering kita alami saat menjalani hidup. Dari 7 masalah tersebut apa ada masalah yang belum disebutkan? Coba tulis di kolom komentar ya, bisa aja nanti akan dibuatkan kelanjutan artikel ini berdasarkan jawaban dari kalian.