Pesona Hewan-Hewan Terancam Punah Ini Terpotret Dengan Sempurna Oleh Fotografer Ini

Lewat proyek Endangered, selain menikmati keindahan potret hewan-hewan yang terancam punah, Flach ingin memberikan semacam awareness agar kita lebih sadar akan bekeradaan hewan-hewan ini dan turut berpartisipasi untuk melestarikan mereka. Seperti ini nih keindahan karya-karyanya…

1. Polar Bears

Via: timflach.com/work/endangered/

Foto beruang kutub di atas menggambarkan kondisi habitat sang beruang di kutub utara yang makin lama semakin terkikis karena global warming. 

2. Yellow Eye Tree Frog

Via: timflach.com/work/endangered/

Katak di foto ini seolah-olah menatap kita, ya?

3. Kaiser’s Newt

Via: timflach.com/work/endangered/

Wah… Gerakan kadal ini seperti perenang!

4. Hyacinth Macaw

Via: timflach.com/work/endangered/

Bentangan sayap dan ekor burung ini cantik banget…

5. Egyptian Vulture

Via: timflach.com/work/endangered/

Foto ini seolah-olah membuat burung ini seperti orang yang sedang melamun, ya?

6. Shoebill

Via: timflach.com/work/endangered/

Kalau kamu perhatiin foto ini baik-baik, bisa biki bulu kuduk merinding karena tatapannya!

7. Hippopotamus Under Water

Via: timflach.com/work/endangered/

Kuda nil ini sepertinya sedang bersantai di bawah air.

8. Saiga

Via: timflach.com/work/endangered/

Lagi-lagi fotonya seperti memandang kita kembali, ya.

9. Scimitar Oryx

Via: timflach.com/work/endangered/

Latar yang berdebu membuat hewan ini terkesan sedang berlari cepat.

10. White Bellied Pengolin

Via: timflach.com/work/endangered/

Potret Pangilon yang terlihat seperti seekor naga kecil ini unik, bukan?

Lebih dari sepuluh tahun lamanya, Flach berkecimpung dalam dunia fotografi yang fokus memotret dunia binatang. Hal ini dilatarbelakangi oleh minat Flach terhadap anthropomorphism dan anthropocentrism. Buat kalian yang baru dengar kedua istilah tersebut, anthropomorphism adalah ketika kita memberi karakteristik manusia ke mahluk yang bukan manusia. Subyek dari anthropomorphism biasanya adalah hewan yang digambarkan dapat berpikir dan berperilaku layaknya manusia. Contoh paling gampang dari anthropomorphism adalah Donald Bebek atau Mickey Mouse. Sedangkan anthropocentrism adalah sebuah paham yang mempercayai bahwa keberadaan manusia adalah yang terpenting di alam semesta. Sebagai bentuk interpretasi atas kedua minat tersebut, Flach berupaya memotret berbagai hewan dengan menelusuri makna dari bentuk morfologi dan perilaku dari hewan-hewan tersebut. Hmmm… pantesan ketika kita merhatiin fotonya, seolah-olah sedikit seperti sosok manusia, ya.

Karena ciri khasnya yang tidak biasa, nggak heran Flach memperoleh banyak penghargaan bergengsi di dunia fotografi. Salah satunya adalah sebagai pemenang utama dalam kategori Best Foreign Photographer Exhibition pada ajang Ping Yao International Photography Festival, Tiongkok, pada tahun 2011.

Keren-keren ya hasil jepretan, Flach? Buat kamu yang ngaku hobi fotografi, apa kamu berminat mengikuti jejak Tom Flach ini? Kalau iya, kamu bisa lihat-lihat dulu hasil jepretan Flach yang lain di website pribadinya atau meluncur langsung ke laman Instagram milik Flach, supaya gak ketinggalan update sama hasil karyanya.