Puasa Bolong Gara-Gara Sakit? Kayaknya Kamu Harus Ngelakuin 5 Hal Ini Deh!

Tapi, nggak jarang ada yang jatuh sakit di awal bulan Ramadan. Biasanya sih gara-gara tubuh kita “kaget” tiba-tiba puasa. Apalagi, Ramadan kali ini jatuh tepat di musim kemarau yang panasnya minta ampun. Alhasil, puasa bolong di awal bulan.

Nah, biar puasamu nggak bolong gara-gara sakit, coba deh lakuin 5 hal ini tiap hari. Insya Allah, puasa bakal lancar sampai bulan Syawal datang.

1. Isi perut pas sahur

via qudsn.co

Nggak sedikit yang melewatkan waktu sahur gitu aja dengan alasan males bangun. Padahal, sahur itu waktu yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan energi selama seharian.

Kalau kamu males makan, coba deh minum susu, sereal, kacang-kacangan, atau kurma. Kamu juga harus ingat untuk minum minimal dua gelas air biar nggak dehidrasi.

2. Jangan kalap pas buka!

via lemuslimpost.com

Waktu berbuka memang waktu yang paling ditunggu-tunggu pas lagi puasa. Tapi ingat, kamu harus makan secukupnya. Jangan mentang-mentang lagi kelaparan, semua yang tersaji kamu lahap sampai ludes.

Saat buka puasa, pilih makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, buah, dan sayuran.

3. Pilih makanan yang tepat

vai urbannaturale.com

Kamu memang bisa memilih makanan sesuka hati, tapi makanan terbaik saat puasa adalah makanan tinggi serat. Makanan kaya serat akan menjaga tingkat keasaman lambung dan membuatmu kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan yang pedes banget, goreng-gorengan, makanan asin, dan makanan dengan kandungan gula tinggi, sebaiknya dihindari dulu ya selama puasa.

Editors’ Picks

  • Susah Fokus Saat Beraktivitas? Itu Tandanya Kamu Wajib Lakukan 7 Hal Ini
  • Catat Nih! Kalau Kamu Punya Kebiasaan Makan Seperti Ini Maka Bersiaplah Gagal Diet
  • Tidak Hanya Menyegarkan, 5 Khasiat Air Kelapa Ini Nyatanya Super Sehat Banget
  • Gak Cuma Kopi, 5 Makanan Dan Minuman Ini Juga Punya Kadar Kafein Yang Tinggi Lho
  • Eits, Jangan Asal Buang Kulit Buah. Ternyata Kalau Dimanfaatkan Seperti Ini Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat

4. Minum juga harus dijaga!

via kohajone.com

Nggak cuma soal makanan, kamu juga harus jeli pilih minuman. Minuman seperti teh, kopi, soda dan coklat sebaiknya dihindari ya. Apalagi kamu minum pas waktu sahur.

Minuman-minuman di atas bisa bikin kamu sering ke kamar kecil. Akibatnya, kamu jadi gampang haus dan dehidrasi.

Air adalah pilihan terbaik. Tapi, kalau kamu suka minuman yang ada rasanya, coba tambahkan potongan jeruk nipis, stroberi, atau daun mint.

5. Olahraga jangan sampai lewat

via arabianbusiness.com

Siapa bilang pas puasa kamu nggak bisa olahraga? Tetep bisa, kok. Tapi, pastikan olahraga yang kamu pilih adalah olahraga ringan, seperti pemanasan di pagi hari untuk melenturkan otot tubuh.

Selain kelima hal di atas, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin atau vitamin B kompleks. Vitamin tambahan ini bisa membantumu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mendapatkan asupan yang nggak kamu dapetin dari makanan.

Selamat berpuasa!