Pusing sama Timeline The Conjuring Universe? Ini Urutannya yang Benar

Sejauh ini sudah ada lima film yang dirilis termasuk Conjuring Universe: The Conjuring (2013), Annabelle (2014), The Conjuring 2 (2016), Annabelle: Creation (2017), dan The Nun (2018). Sama seperti MCU, The Conjuring Universe menghadirkan timeline yang nggak berurutan dari awal filmnya, mengingat beberapa di antaranya hadir dalam bentuk prekuel. Berikut ini urutannya.

1. The Nun (setting: 1952)

via wgme.com

Film terbaru dari Conjuring Universe ini mengambil latar waktu tahun 1952, jauh sebelum momen dalam The Conjuring 2 saat Valak (hantu yang makeup-nya mirip Marylin Manson) pertama kali dikenalkan. Kalau kamu penasaran gimana kisah Valak berhubungan dengan kasus investigasi Ed dan Lorraine Warren, bagian ending The Nun bakal kasih benang merah yang mempertalikan Valak dengan The Conjuring.

2. Annabelle: Creation (1955)

via geektyrant.com

Prekuel dari Annabelle ini mengambil jeda tiga tahun setelah The Nun, yakni tahun 1955. Meskipun begitu, prolog dalam film ini dikisahkan di tahun 1943. Annabelle: Creation menitikberatkan tentang asal mula boneka terkutuk Annabelle, sebelum akhirnya dia dikurung oleh Ed dan Lorraine.

Ngomong-ngomong, sampai saat ini masih belum ada film di Conjuring Universe yang mengangkat kisah Ed dan Lorraine saat berduel langsung dengan boneka menggemaskan ini.

3. Annabelle (1967)

via newscult.com

Bagian penutup dalam Annabelle: Creation langsung terkoneksi dengan bagian pembuka dalam Annabelle. Hmm… sebenarnya film Annabelle ini nggak terlalu penting juga untuk dibikin. Selain hanya meneror penonton dengan elemen horor klise, film ini hanya sekadar memberikan benang merah pada The Conjuring dalam epilog di akhir ceritanya.

Apa Annabelle menakutkan? Menurut saya, nggak sama sekali.

Editor’s Pick

  • Sssttt…6 Film Yang Berdasarkan Kisah Nyata Ini Ternyata Gak Setepat Kenyataannya!
  • Ini Dia Daftar Film yang Layak Dinantikan di Sisa Tahun 2018
  • 7 Film Ini Awalnya Diprediksi Gagal, tapi Hasilnya Malah Melebihi Ekspektasi
  • Box Office Bomb: 5 Film yang Dianggap Paling Gagal Total karena Merugi Besar

4. The Conjuring (1971)

via usatoday.com

The Conjuring diawali prolog tentang Ed dan Lorraine Warren yang menginvestigasi kasus boneka Annabelle. Tapi inti cerita dalam The Conjuring berpusat tentang teror di sebuah rumah yang menghadirkan sosok hantu bernama Batsheba. Kenapa hantu mesti punya nama yang keren, kamu bilang? Nggak apa-apa dong. Hantu juga punya HAH (Hak Asasi Hantu).

Tapi satu hal yang menurut saya patut disayangkan: kenapa investigasi tentang teror Amityville nggak diulas lebih jauh di sekuelnya?

5. The Conjuring 2 (1977)

via patheos.com

Sama seperti film pertamanya, The Conjuring 2 dibuka dengan prolog tentang investigasi kasus supranatural; teror Amityville dan sosok hantu berwujud biarawati. Tapi itu cuma prolog. Selanjutnya The Conjuring 2 malah memfokuskan cerita tentang investigasi Enfield Poltergeist.

via geektyrant.com

Entah sampai kapan The Conjuring Universe bakal terus diproduksi. Setelah The Nun, pihak rumah produksi bahkan mengonfirmasi akan hadirnya Annabelle 3 yang diungkap dalam ajang San Diego Comic Con 2018. Padahal jika kita melihat daftar investigasi Ed dan Lorraine, kasus Amityville dan Boneka Annabelle masih belum digarap sebagai satu cerita utuh di layar lebar.

Belum lagi kemungkinan adanya spin-off lain terkait barisan hantu atau iblis yang menjadi lawan tanding pasutri Lorraine. Kalau kamu ingat, selain menghadirkan sosok Valak, The Conjuring 2 juga menampilkan satu hantu lain, The Crooked Man.

Apa kamu antusias menunggu barisan film lain The Conjuring Universe? Atau… kamu merasa sudah saatnya Conjuring Universe dibawa ke tahap akhir?