Rasakan 5 Hal Ini? Tandanya Kamu Lagi Butuh Liburan!

Kalau pekerjaan bikin kamu mikir berat, liburan bakal jadi obat terbaik untuk me-refresh otak. Nggak cuma bikin lebih tenang dan lupa sejenak soal pekerjaan yang menumpuk, kamu juga bisa lebih bahagia.

Tapi, kalau kamu nggak punya waktu untuk liburan, pasti akan ada beberapa masalah yang bakal kamu rasakan. Seperti 5 hal ini misalnya.

1. Ngerasa stres tanpa sebab

via her.ie

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba ngerasa stres tanpa sebab yang jelas? Atau tiba-tiba pengen marah aja gitu atau tiba-tiba ngerasa pikiran sumpek nggak jelas?

Kalau udah begini, jelas banget tuh kamu lagi butuh liburan. Sebuah penelitian dari American Psychological Association mengungkapkan bahwa liburan dapat meredakan stres.

2. Bosan dengan rutinitas harian

via smithsonianmag.com

Apa sih yang biasanya kamu kerjain tiap harinya mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi? Pernah nggak ngerasa bosen dengan rutinitasmu dan lebih nyaman di kasur aja seharian?

Kalau pernah, berarti kamu memang udah lelah sama kehidupanmu yang monoton dan seakan nggak ada tantangan. Kalau film komedi nggak membantumu semangat lagi, coba deh liburan ke pantai atau gunung.

Editors’ Picks

  • 6 Hal Yang Wajib Kamu Ingat Saat Kamu Ngerasa Kewalahan Ngejalanin Hidup
  • Sering Merasa Capek? 7 Makanan Ini Bisa Membantu Pulihkan Energimu Lho!
  • Kamu Orangnya Suka Nunda Kerjaan? Nih 10 Cara Simpel Biar Kamu Bisa Menghilangkan Kebiasaan Itu
  • Ini 3 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Berhenti Melakukan Multitasking Sekarang Juga, Sebelum Terlambat!
  • Jujur Tapi Pahit, 9 Kenyataan Hidup Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pribadi Yang Lebih Kuat

3. Sulit tidur

via hindustantimes.com

Biasanya nih, kalau lagi kepikiran sesuatu pasti bawaannya sulit tidur. Rasanya tuh kayak mata sulit banget diajak merem meski tengah malah udah lewat.

Kamu sering ngerasain begini? Udah deh buruan packing dan cari tiket kereta. Liburan ke luar kota kayaknya bakal asyik deh untuk menenangkan pikiran dan hatimu.

4. Sering sakit

via runningmagazine.ca

Tahu nggak sih, sakit itu nggak cuma disebabkan oleh lelah fisik aja, lho. Lelah psikis alias pikiran juga bisa bikin kamu gampang sakit.

Kayaknya sih emang sepele, paling juga cuma demam atau flu. Tapi, nggak bisa disepelekan gitu aja. Kalau kamu biarin, bisa-bisa sakitmu tambah parah.

Framingham Heart Study menyebutkan bahwa wanita yang mengambil dua kali liburan tiap tahun memiliki kemungkinan delapan kali lebih kecil menderita jantung koroner. Sedangkan menurut Health.com, pria yang nggak mengambil liburan tahunan 32 persen lebih mungkin meninggal akibat serangan jantung.

Nah, masih mau melewatkan liburan dan milih sakit?

5. Kepikiran liburan terus

via cnbc.com

Meski pikiranmu dipenuhi dengan tugas atau pekerjaan yang belum selesai, pasti ada tuh pikiran untuk pergi liburan.

Misalnya dalam hati kamu bilang, “Selesai proyek pengen ke Bali deh kayaknya atau ke Pulau Seribu aja ya?”.

Kalau muncul pikiran-pikiran ini pas kamu lagi sibuk kerja, jangan ragu untuk segera mengajukan cuti ya.

Jadi, liburan itu bukan sekedar seneng-seneng dan nguras isi tabungan kok. Liburan lebih tepat disebut sebagai cara untuk menyeimbangkan hidup. Setuju?