Redakan Stres Hanya dalam 5 Menit dengan 6 Trik Simple Ini!

Tapi, apapun penyebabnya, stres selalu bikin mati gaya dan males ngapa-ngapain. Akibatnya, aktivitas dan produktivitas bakal keganggu. Padahal, menunda pekerjaan hanya akan membuat stres semakin bertambah.

Untuk itu, kamu harus redakan stres secepatnya. Setidaknya, kamu bisa sedikit tenang dan fokus pada aktivitas harianmu. Menurut psychologytoday.com, 6 cara ini bisa membantumu:

1. Atur napas

via shwaasa.org

Teknik pernapasan untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran bukan omong kosong semata. Kalau nggak percaya, coba atur napasmu saat stres melanda. Pertama tarik napas hingga hitungan kelima, tahan selama 2 hitungan, kemudian hembuskan melalui mulut hingga hitungan keenam. Selain 5-6, kamu juga bisa menggunakan teknik 4-2-4.

2. Deskripsikan benda

via pexels.com

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mendiskripsikan 3 benda yang saat ini ada di hadapanmu. Mulai dari namanya, bentuknya, warnanya, hingga fungsinya.

Cara yang satu ini memang kedengaran sedikit absurd, tapi kamu harus mencobanya terlebih dulu supaya bisa membuktikan sendiri hasilnya.

3. Lihat foto pemandangan alam

via eskipaper.com

Pemandangan alam akan sangat membantu kalau kamu ingin mengusir stres. Meski kamu sekarang berada di dalam ruangan, kamu punya kesempatan untuk mencarinya di internet bukan?

Lihatlah foto-foto pemandangan alam menakjubkan, kemudian rasakan sensasinya. Tanpa kamu sadari, stres perlahan akan berkurang.

Editors’ Picks

  • Gampang Ngantuk Saat Beraktivitas? Intip 8 Lifehack untuk Mengatasinya!
  • Simpel Banget! 12 ‘Bathroom Hacks’ Ini Memudahkan Kamu Dalam Merawat Tubuh
  • 8 Tips Ini Wajib Kamu Praktekin Supaya Kamu Terhindar Dari Stres Setelah Berbelanja
  • Ternyata Orang Lebih Takut Bicara di Depan Umum daripada Takut Mati, Nggak Percaya?
  • Hindari Berteman Dengan 5 Tipe Orang Ini Kalau Kamu Mau Pergaulan Kamu Jadi Lebih Sehat

4. Berdiri tegak

via theglobeandmail.com

Pernah kepikiran nggak sih kalau berdiri tegak bisa mempengaruhi kondisi psikologismu?

Sebuah peneilitian yang dilakukan oleh Amy Cuddy menunjukkan bahwa berdiri dengan postur tegak dapat meningkatkan testosteran serta menurunkan hormon kortisol penyebab stres. Ini juga bisa berlaku saat kamu duduk tegak.

5. Kepalkan tangan

via anmolmehta.com

Mengepalkan tangan seperti akan meninju memang identik dengan rasa marah. Tapi, coba kepalkan tangan kananmu, kemudian buka. Ulangi langkah ini beberapa kali.

Aktivitas tangan kanan akan mengaktifkan sisi kiri otak yang lebih verbal dan logis. Dengan begitu, kamu bisa berpikir lebih logis dan tenang untuk menyelesaikan yang terjadi.

6. Kenali stres

via womansday.com

Nggak banyak yang tahu kapan mereka mulai merasakan stres. Padahal, mengenali stres lebih dini akan memudahkanmu untuk menenangkan diri. Terlebih lagi, kalau tahu hal apa yang bisa memicunya, kamu akan sangat bisa menghindarinya.

Stres sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh terhadap kondisi yang sedang kamu hadapi. Jadi, daripada menghindarinya begitu saja dan membuatnya makin menumpuk, cobalah hadapi secara perlahan untuk meredakannya. Selamat mencoba!