Review Sicario: Day of the Soldado (2018), Misi Penculikan Di Perbatasan Meksiko

Ketika dirilis, Sicario memang sukses mencuri perhatian dan berhasil membuat nama sutradara Denis Villeneuve menjadi dikenal luas. Film tersebut bahkan masuk tiga nominasi Oscar untuk kategori Best Cinematography, Best Original Score, dan Best Sound Editing. Jadi penasaran kan sama sekuelnya ini?

via medium.com

Sicario: Day of the Soldado singkatnya sih menceritakan tentang penculikan putri dari bos narkoba yang ditakuti. Penculikan tersebut sangat berisiko karena bisa memulai konflik antar mafia dan pertikaian yang lebih luas lagi. Penculikan yang awalnya berjalan mulus tersebut akhirnya berantakan ketika rencana yang sudah disusun malah terbongkar.

Penculikan tersebut digagas oleh Matt Graver (Josh Brolin), seorang anggota CIA yang kembali mengontak Alejandro (Benicio del Toro) untuk membantunya menjalankan misi. Chemistry dua nama sekelas Josh Brolin dan del Toro udah gak perlu diraguin lagi sih. Akting mereka smooth banget dalam membawakan porsinya masing-masing.

Editor’s Pick

  • Nggak Cukup Baca Naskah Saja, 12 Aktor Ini Sampai Melakukan Hal Gila buat Mendalami Karakter di Film
  • Review Hereditary (2018), Film Horor Tanpa Hantu yang Rajin Eksis Depan Kamera
  • Nggak Cukup Baca Naskah Saja, 12 Aktor Ini Sampai Melakukan Hal Gila buat Mendalami Karakter di Film

Jika film pertamanya memberi sosok seorang protagonis wanita dalam wujud Emily Blunt, di sini porsi tersebut diisi oleh Isabela Moner yang berperan sebagai Isabela Reyes, yang merupakan target penculikan. Kalau kalian merasa asing dengan namanya, coba deh nonton ulang Transformers: The Dark Knight karena Moner sempat bermain di film tersebut. Walaupun masih anak-anak, akting Moner lumayan bikin greget sekaligus mencuri perhatian dan mampu mengimbangi akting para aktor senior.

via goldderby.com

Walaupun menarik, sepanjang tiga puluh menit pertama saya sedikit merasa bosan karena film hanya berkutat dengan dialog. Padahal, bagian pembukanya udah diawali dengan adegan yang langsung bikin tensi naik loh. Mungkin saya sedikit terkecoh. Bagian opening tadi rupanya sekedar bumbu agar benang merah cerita bisa menyambung ke plot inti.

via collider.com

Adanya penuturan dengan mengangkat dua sudut cerita sayangnya menjadi sedikit kelemahan dalam Soldado. Sebagai penonton, saya udah bakal tau kalau Miguel (Elijah Rodriguez) pada akhirnya akan ikut menjadi karakter penting seperti dengan penggambarannya di dalam film. Tapi entah kenapa saya berulang kali malah dibikin kaget dengan beberapa twist berlapis yang banyak muncul di sepanjang film. Mungkin ini salah satu alasan saya menyukai sajian Soldado.

Well, bagi kamu yang menyukai film action pasti bakal terhibur dengan adegan baku tembak dan ledakan eksplosif yang gak absen di film ini. Soldado juga memasukkan unsur film mafia dengan intrik khas seperti kelompok gang, penyelundupan, dan wilayah perbatasan. Jangan lupa juga kalau film ini bahkan menggunakan kota Meksiko sebagai setting-nya. Wah, bakal terhibur banget deh!

Sicario: Day of the Soldado tetap terlihat seru dan menarik walaupun kamu belum sempet nonton film pertamanya. Tapi mungkin bakal sedikit kebingungan menjelang penghujung film berakhir, terutama dengan karakter Alejandro.

Bagi kamu yang emang udah suka dari film pertamanya, seenggaknya kamu bisa berharap agar film ini bisa digenapkan menjadi sebuah trilogi, terkait dengan bagian ending yang sangat memungkinkan akan adanya sekuel tambahan.

Apakah kamu sudah menonton film ini? Kalau sudah, komen pendapatmu di kolom komentar, ya!