Saat Kamu Sulit Membuka Percakapan dengan Kenalan Baru, Cobain 7 Tips Efektif Ini

Tapi selain kesulitan berbicara di depan umum, ada juga satu kesulitan lain yang kerap dirasakan sebagian orang: membuka percakapan dengan kenalan baru. Apa kamu termasuk di antaranya? Apa kamu termasuk orang yang lebih memilih diam dan senyam-senyum sendiri? Hehehe, jangan diam aja dong. Lebih baik kamu pakai 7 tips yang dirangkum dari Brightside ini.

1. Gunakan Pertanyaan yang Membutuhkan Jawaban Panjang

via tutzone.org

Kalau kamu cuma mengajukan pertanyaan yang jawabannya “Ya” atau “Tidak”, kamu harus berpikir lagi buat melontarkan pertanyaan susulan. Masih mending kalau kamu bisa dengan cepat nemuin pertanyaan berikutnya. Kalau nggak? Mungkin jawaban lawan bicara kamu bakal kamu sambut dengan anggukan dan senyuman canggung.

“Hei, apa kamu sering datang ke tempat ini?”

“Iya, sering.”

“Ooooh, gitu ya (sambil ngangguk-ngangguk lalu diam kebingungan).”

Daripada ngasih pertanyaan yang bersifat atau didahului kata “Apa”, lebih baik kamu ajukan pertanyaan yang bersifat “Bagaimana”. Lalu setelah kenalan baru kamu mulai membuka mulutnya, selanjutnya kamu…

2. Simak Omongannya, sembari Tak Lupa untuk Tunjukkan Ketertarikan

via businessinsider.com

Sekalipun obrolannya ngebosenin buat kamu, tunjukkin aja seolah kamu tertarik dengan apapun kata yang keluar dari mulut lawan bicaramu. Bukan maksudnya saya menyarankan kamu buat jadi munafik; poin ini lebih cenderung bertujuan untuk menghargai orang lain.

Akui aja, kamu pun pasti seneng kalau orang lain mendengarkan kisah kamu dengan minat yang tinggi kan? Hal yang sama juga berlaku buat lawan bicara kamu. Ungkapan “Orang-orang hanya butuh didengar” berlaku banget di sini. Dan akhirnya kamu juga nggak perlu capek-capek nyari topik pembicaraan.

3. Kalian Punya Kemiripan? Manfaatkan Itu!

via spanishdict.com

Mau itu kesamaan dari sisi pengalaman, minat, atau hobi, semuanya bisa dimanfaatkan agar obrolan jadi lebih mengalir. Kuncinya, kamu jangan malu-malu buat nunjukkin kemiripan kalian. Orang-orang yang punya kemiripan satu sama lain bisa jauh lebih mudah membangun hubungan pertemanan, dan kamu pasti tahu itu.

4. Perbanyak Wawasan Kamu tentang Berita Terhangat dan Terkini

via funinventors.com

Yah… daripada kalian sama-sama diem dan akhirnya berujung pada ketidaknyamanan, bukannya lebih baik kalian obrolin berita yang baru kamu baca/denger. Usahakan nggak usah ngobrolin tentang politik (ingat, kalian baru kenal), kecuali kalau kalian emang suka berdebat kusir, heheh.

Oke, oke, mungkin aja kamu orangnya nggak suka baca berita, kemungkinan seperti itu bisa aja terjadi. Tapi baca berita itu penting, Bung. Suka nggak suka, kita emang harus mempertimbangkan untuk mulai membiasakan diri membaca berita.

5. Basa-Basi Membawa Berkah

via themuse.com

Maksud dari basa-basi di sini bukan basa-basi yang udah terlanjur busuk seperti “Udah makan belum?” Liat apa yang lawan bicara kamu pakai. Liat sepatunya, bajunya, atau pewarna kukunya kalau kamu mau, lalu coba kamu berbasa-basi dengan bertanya, “Hmm, kain sutra yang kamu pakai keliatan mulus banget, mirip kaya yang dipakai Kaisar Tiongkok zaman dulu. Beli di mana, ya? Saya tertarik nih.”

Itu cuma contoh kecil. Kamu bisa berimprovisasi dengan melihat keadaan dan kondisi terlebih dahulu. Atau kamu bisa terapkan topik pembicaraan umum seperti tentang keluarga, pekerjaan, atau tempat liburan.

6. Ingat, Menjadi Pembicara Ulung Itu Perlu Latihan

via psychologytoday.com

Emang sih ada sebagian orang yang sepertinya udah terlahir jago membuka obrolan, meskipun itu harus dibuktikan lebih lanjut. Tapi kebanyakan orang memerlukan latihan agar bisa melakukannya. Coba deh, kalau kamu naik transportasi umum (orang yang pakai kendaraan pribadi dan perlu latihan ini, sesekali juga coba pake transportasi umum) atau lagi nunggu antrian, daripada terus sibuk sama ponsel mendingan ajak ngobrol orang di dekat kamu.

Setelah baca tips ini, apa kamu udah lebih siap buat membuka obrolan? Tapi kira-kira, apa sih ketakutan terbesar kamu saat kondisi mengharuskan kamu buat membuka obrolan?