Sama-Sama Berasal dari Militer, Inilah 4 Klub Bola Dunia Saingan Berat PS TNI

PS TNI tidak sendiri, pasalnya beberapa klub luar negeri ternyata juga memiliki latar belakang yang sama bahkan lebih dulu dibentuk. Ya, dibuatnya tim-tim bola militer itu bukan lah tanpa alasan melainkan memang melihat bakat dan kemampuan para tentara yang luar biasa. Lalu tim apa saja kah itu? Simak ulasan berikut.

Warriors FC Singapura, yang berjaya

Warriors FC [image source]

Mungkin jika dilihat dari namanya, kita sudah tahu latar belakang dari tim bola yang satu ini, ya para prajurit (warriors)  yang khusus berperang di lapangan hijau. Diresmikan tahun 2013, tim ini sebelumnya memiliki nama Armed Forces Football Club ini,  hampir seluruhnya berisikan para tentara. Hal itu dilakukan,  sebagai simbol pengabdian dalam negeri dengan ikut partisipasi liga di Singapura. Namun seiring dengan perkembangan zaman, para pemain Warriors kini tidak lagi dari pihak militer saja, namun kebanyakan malah pemain sepak bola profesional. Uniknya, klub yang digawangi tentara ini selalu masuk jadi tim unggulan, bahkan sempat empat kali berpartisipasi dalam laga AFC Cup.

Navy FC Thailand yang berjaya di negara gajah putih

Navy FC [image source]

Di Thailand rupanya juga ada klub-klub sepak bola profesional yang digawangi oleh Militer, ya salah satunya Navy FC. Jika menengok dari namanya kita pasti sudah tahu siapa saja pemain dari tim ini. Ya, kebanyakan dari pesepak bolanya adalah para angkatan laut terlatih. Namun beberapa pemain lain juga beberapa pemain profesional di sana. Uniknya dari klub yang satu ini pernah kepincut dengan salah satu timnas kita Victor Igbonefo, yang akhirnya mengikat kontrak beberapa tahun bermain  di tim tersebut. Namun sayang karir dari tim yang satu ini terbilang melempem, alhasil mereka selalu masuk pada kelas bawah liga di sana.

CSKA Moskwa, mimpi buruk dari negeri beruang merah

cska-moska [image source]

Nama tim asal Rusia ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di liga UEFA. Ya CSKA Moskwa  merupakan sebuah klub bola yang memiliki sejarah panjang dan berhubungan dengan militer. Tepatnya saat Rusia masih berupa Uni Soviet, mereka membentuk pasukan yang khusus menangani masalah lapangan hijau, akhirnya lahirnya tim ini. Sering berjalannya waktu, pemain CSKA Moskwa tidak lagi hanya berasal dari kalangan militer, namun para pesepak bola profesional pun diperbolehkan hadir. Kini CSKA Moskwa menjadi tim paling sukses di Rusia dan selalu masuk dalam liga UEFA (champions)

Sangju Sangmu, klub seratus persen militer

Sangju-Sangmu FC [image source]

Sedangkan di Korea Selatan juga ada sebuah klub gawangan militer yang sampai sekarang masih eksis di negaranya sana. Berkonsep mewadahi bakat-bakat para tentara atau anak muda yang sedang wajib militer, namun juga memiliki skill mengocek bola. Alhasil lahirlah sebuah klub amatir bernama Korea Armed Forces Athletic Corps. Dari tim itulah nantinya akan lahir klub profesinal sepak bola bernama Sangju Sangmu. Uniknya di klub ini, pemain asing tidak memperoleh tempat untuk berlaga, lantaran statusnya yang masih merupakan tim militer.

PS TNI Indonesia yang masih berjaya

PS TNI [image source]

Ya, Indonesia sejatinya tidak mau ketinggalan dengan membuat tim yang juga digawangi oleh militer. Berawal pada tahun 2016, untuk mempersiapkan diri pada liga Piala Sudirman, dibentuklah sebuah tim amatir gabungan antara PSMS Medan dan kesatuan TNI. Meskipun awal karir sempat sangat diragukan, siapa sangka PS TNI berubah menjadi kuda hitam lantaran menunjukkan performa yang luar biasa. Ya, gabungan antara beberapa pemain bola profesional dan tentara itu sepertinya menjadi gebrakan pada sepak bola Indonesia. Namun akhirnya PSMS dan PS TNI memutuskan untuk berpisah dan berlaga di liga yang berbeda. Kini PS TNI masih menjadi tim yang diunggulkan, dan tentu kebanyakan dari para pemainnya masih tetap berasal dari kalangan militer.

Itulah beberapa tim di dunia yang ternyata ada sentuhan militer di dalamnya. Ini bukti kalau para tentara tidak hanya ahli dalam strategi perang dan lain-lain, namun juga punya bakat dalam dunia sepak bola. Bisa dibilang kalau dalam dunia bola, semua punya kesempatan sama.