Say Hi Sama Pepper X, Si Cabai Yang Berhasil Mecahin Rekor Cabai Terpedas Di Dunia!

Buat kamu yang belum tahu apaan itu skala Scoville, skala ini adalah ukuran pedasnya cabai yang dilihat dari kandungan enzim capsaicin yang ada di dalam cabai. Enzim ini adalah sejenis bahan kimia yang bisa merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah kita. Satuan dari skala Scoville sendiri disebut Scoville Heat Units (SHU) dengan nilai skor tertinggi pada 2.000.000. Penasaran si Pepper X ada di level berapa? Yuk, kita simak!

Penasaran Pengen Nyoba?

Via: konbini.com

Ternyata Pepper X ada di level 3,18 juta dalam skala Scoville!!! Gila, pedasnya sampe ngelewati level tertinggi yang ada di skala Scoville itu sendiri ya? Saking pedasnya si Pepper X ini, konon makanan ini cuma layak buat dikonsumsi sama naga. Gak deng, kamu gak perlu jadi seekor naga dulu buat nyicip makanan yang satu ini. Kalau kamu  memang penasaran dan cukup berani buat nyobain Pepper X, kamu bisa memesan makanan ini dalam bentuk saus yang dikasih nama The Last Dab Hot Sauce (dapat diartikan sebagai “Saos ‘Cocolan’ Terakhir”). Saus ini sendiri adalah hasil kolaborasi antara pakar-pakar kuliner jenius yang ada di the Puckerbutt Pepper Company dengan penyedia bahan-bahan makan khusus untuk hidangan pedas yang bernama Heatonist. Menurut kamu kumpulan orang-orang ini termasuk Dream Team atau Nightmare Team?

Saus yang katanya pedasnya gia-gilaan ini merupakan kombinasi antara cabai Pepper X, cuka yang disuling, akar jahe, ketumbar, kunyit, mustard dan jintan. Wih … lihat komposisinya aja udah kebayang rasanya yang bakalan super pedas dan kaya rempah. Makanya saus ini bukan saus yang bisa kamu bawa ke bioskop buat nemenin kamu makan kentang goreng sambil nonton, karena kalau kamu nekat jadiin saus ini buat bahan cocolan cemilan kamu di bioskop, bisa-bisa baru juga film dimulai kamu udah pingsan duluan.

Euforia The Last Dab Hot Sauce

Via: shortlist.imgix.net

Rasa pedas gila-gilaan yang terdapat dalam saus ini, ternyata gak ngehalangin orang-orang di seluruh dunia buat nyicipin saus ini loh. Buktinya 1000 botol saus yang diproduksi pertama kali oleh the Puckerbutt Pepper Company ludes cuman dalam hitungan dua menit!!! Gokil ya? Kalau kamu gak termasuk dalam 1000 orang tersebut, kamu gak perlu bersedih soalnya kamu masih bisa ­pre-order saus ini di batch selanjutnya. Setiap minggu the Puckerbutt Pepper Company ngebuka batch pemesanan yang jumlahnya disesuaikan sama pertumbuhan si cabai Pepper X ini.

Beberapa orang yang udah nyobain saus ini ngasih review yang kurang lebih sama yaitu saus ini pedasnya gila gak karuan! Review ini gak datang dari orang sembarangan loh tapi dari pakar-pakar kuliner yang khusus concern sama makanan pedas kayak kontributor website Heatonist dan ahli kuliner Smokin Ed yang ngasih testimoni begini nih pas dia pertama kali nyoba si saus ini:

“Pepper X is three times hotter than any other peppers that are out there available commercially.

It’s twice as hot as the Reaper at 1.6 million, so this is a dangerous pepper.”

Gila… Kalau dibikin buat bahan kripik pedas gimana jadinya, ya?

Tertantang buat nyobain si Pepper X? Cus … browsing laman The Puckerbutt Pepper Company buat pre-order The Last Dab Hot Sauce supaya gak mati penasaran.