Sebelum Iko Uwais Main di Serial TV Netflix, 5 Aktor Berdarah Indonesia Ini Eksis Duluan di Amerika

Jika kita ngomongin soal Indonesia, arah pembicaan kadang kala disusul dengan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas: “Kapan ya Indonesia bisa begini; kapan ya orang Indonesia bisa begitu”.

Kalau kamu termasuk orang yang sering mengluarkan kata-kata di atas, ada berita bagus nih buat kamu. Iko Uwais kabarnya bakal membintangi serial TV dari NetflixWu Assassins. Di serial yang akan mulai diproduksi Agustus 2018 tersebut, aktor The Raid itu berkesempatan untuk berakting sebagai karakter utama bersama dengan Byron Mann.

Tapi sebenarnya Iko bukan satu-satunya aktor Indonesia yang pernah dapat peran utama di film atau serial TV dari negeri Paman Sam; ada juga lho 5 aktor berdarah Indonesia lainnya. Coba cek daftarnya di bawah ini, mungkin ada yang belum kamu kenal.

1. Tania Gunadi

via imdb.com

Nggak semua artis Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat itu berdarah campuran. Buktinya ada Tania Gunadi, mojang asal Bandung yang sudah berkecimpung di industri film Amerika Serikat selama 18 tahun.

Saat ini Tania Gunadi dikenal sebagai aktris dan juga pengisi suara untuk beberapa serial animasi, misalnya Aaron Stone, Transformers: Prime, dan Penn Zero: Part-Time Hero. Tapi wanita yang pernah bekerja paruh waktu di Pizza Hut sebagai pencuci piring saat berada di AS ini nggak begitu saja mendapat kesempatan berakting. Tanpa memiliki bakat akting, dia pertama kali mencoba keberuntungannya lewat audisi untuk iklan Disneyland.

Audisi tersebut bisa dikatakan berhasil menjembatani dirinya untuk lebih menggali kemampuannya di bidang yang dia sukai, yaitu berakting. Hasil dari kerjanya di Disneyland kemudian dia gunakan untuk mengikuti kursus akting, mulai dari mengambil kelas sitkom, drama, musikal, komedi dan teater.

Benar saja, usaha yang dia lakukan membuahkan hasil. Dia mendapat banyak tawaran kerja; mulai dari membintangi serial TV Even Stevens pada tahun 2002, sampai yang terakhir saat menjadi pengisi suara di film The Jetsons & WWE: Robo-WrestleMania!.

2. Pierre Coffin

via alchetron.com

Mendengar nama Pierre-Louis Padang Coffin, kamu mungkin bakal merasa aneh ketika mendengar kata Padang disematkan pada nama seseorang. Tapi itu bukan suatu hal yang terlalu aneh kalau kamu tahu latar belakang dari Coffin. Yup, itu karena dia punya garis keturunan Indonesia dari ibunya yang juga seorang novelis, NH. Dini.

Sebagai sutradara dan pengisi suara di film Despicable Me dan Minions, Coffin punya cara unik  untuk menyatakan rasa cintanya terhadap Indonesia.  Kata-kata dari Bahasa Indonesia seperti “terima kasih”, “kemari”, dan “Paduka Raja” acapkali berseliweran di film tersebut.

Usut punya usut, menurutnya Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat indah, bahkan seperti nyanyian.

3. Sudarso Bersaudara

via imgrumweb.com

Dulu waktu saya kecil, saya punya cita-cita buat jadi anggota Power Rangers. Nggak usah jadi Ranger Merah juga nggak apa-apa, jadi Ranger Pink juga saya ikhlas kok. Tapi semakin bertambahnya usia, saya sadar kalau itu nggak mungkin. Mau gimana lagi, serial Power Rangers kan dibuatnya di Jepang dan Amerika.

Eeh, tapi nyatanya Yoshua dan Peter Adrian Sudarso membantah keraguan saya.

Kakak-beradik ini berasal dari Jakarta dan sempat menetap di Indonesia hingga tahun 1998. Setelah mereka pindah ke Amerika Serikat, Yoshua mulai tertarik pada hal-hal yang berbau stunt. Ketertarikannya itulah yang membawa dirinya bisa berkarier sebagai pemeran stunt untuk pertunjukan panggung Power Rangers.

Namun hal itu nggak lantas bikin dia langsung bisa dapat peran sebagai karakter di serial Power Rangers. Dia bahkan dua kali ditolak saat casting sebelum bisa jadi ranger biru di Power Rangers Dino Charge. Berbeda dengan adiknya, Peter Adrian langsung menjadi penerus kakaknya di Power Rangers Ninja Steel.

4. Lulu Antariksa

via imdb.com

Untuk aktris satu ini, namanya mungkin masih asing di telinga kamu. Garis keturunan Indonesia didapat aktris ini dari ayahnya yang berasal dari Malang.

Namanya mulai melejit ketika dia memerankan karakter Stevie Baskara yang juga diceritakan berlatar belakang dari Indonesia, di serial televisi Nickelodeon, How to Rock. Perannya sebagai Stevie Baskara bikin dara asal California merasa sangat bangga dan bersyukur pernah memerankannya. Tapi sepak terjangnya di dunia akting nggak berhenti sampai di situ. Saat ini dia juga sedang bermain di serial web yang berjudul [email protected].

Kabar lainnya, Lulu Antariksa ternyata adalah sepupu dari Eva Celia. Dan dia juga bisa dibilang keponakan dari Indra Lesmana dan Mira Lesmana.

5. Kristin Kreuk

via northernstar.com.au

Apa kamu pernah nonton Smallvile? Kalau kamu belum sadar, serial TV yang menceritakan masa remaja dari Superman itu ikut dibintangi aktris berdarah Indonesia lho. Aktris yang mendapat garis keturunan Indonesia dari ibunya itu bernama Kristin Kreuk.

Itu tuh, di Smallvile dia berperan sebagai Lana Lang. Selain Smallville, Kristin Kreuk pun pernah bermain di serial Beauty & the Beast sebagai Catherine Chandler dan Burden of Truth sebagai Joanna Hanley.

Nah dari kelima aktor di atas mana sih yang menurut kamu paling keren? Apa kamu punya jawaban lain? Tulis saja ya opini kamu di kolom komentar.