Sempat Disebut “Jagal Jombang”, Beginilah Kabar Ryan Si Pembunuh Berantai yang Pernah Dikabarkan Tobat

Hampir 10 tahun berlalu, kira-kira bagai mana ya nasib sang jagal Jombang ini. Mengingat dia dijatuhi vonis mati, namun sampai sekarang dikabarkan masih hidup. Agar kamu tidak penasaran dengan pria yang dulu sempat dijuluki jagal Jombang itu, simak ulasan berikut.

Ryan sang jagal Jombang dengan belasan korban

Kasus Ryan Jombang (Very Idham Henyansyah) sempat membuat heboh masyarakat. ya pasalnya pria yang satu ini telah “menjagal” 11 nyawa tak berdosa. Apalagi mengingat kebanyakan korbannya ini mengalami nasib tragis, alias dimutilasi dan meninggal dengan keadaan mengenaskan. Usut punya usut, kebanyakan aksi pembunuhan yang dilakukannya itu dikarenakan motif asmara.

Ryan jagal jombang

Ya dia mengakui aksi yang dia lakukan itu karena khilaf lantaran banyak pasangan cowoknya ( Ryan penyuka sesama jenis) yang seolah menduakannya. Sedangkan kasus Ryan ini sendiri diungkap setelah pihak kepolisian menemukan jasad korban Ryan yang beberapa waktu sebelumnya sempat dilaporkan polisi hilang. Dari satu kasus tersebut, akhirnya terungkaplah kasus-kasus yang lain masalah pembunuhan dan mutilasi lainnya.

Vonis berat yang bakal menghadapkannya pada kematian

Setelah seluruh aksinya terungkap, Ryan akhirnya divonis dengan hukuman berat, eksekusi mati lantaran kejahatan yang dilakukan merupakan kategori berat. Namun demikian, pria asal Jombang ini meminta keringanan hukuman dengan mengajukan banding berkali-kali namun tidak dikabulkan oleh pengadilan. Hingga akhirnya Ryan meminta PK pada MA atas hukuman berat yang akan diterimanya.

Menjadi alim

Namun terlepas dari semua itu, selama menunggu putusan yang ada, sosok Ryan jadi berubah ketimbang yang dulu. Ya, Ryan yang mengaku bersalah dan bertobat, mencoba mengubah perilaku dan penampilannya. Kini dirinya malah terlihat lebih religius, bukan hanya penampilan namun juga perilakunya (dituturkan para sipir).

Dikabarkan bakal dinikahkan oleh keluarganya

Siapa sangka, selama menunggu putusan ditetapkan, Ryan ternyata sempat dikabarkan akan melakukan pernikahan. Ya, informasi tersebut didapat dari keluarganya sendiri, di mana Ryan akan menikah dengan seorang perempuan bernama Ely salah satu teman di tahanan. Mendengar kabar tersebut, beberapa media mengira bahwa Ely yang dimaksud adalah Ely Winarya salah satu tahanan yang baru saja bebas karena dugaan narkoba.

Ely-Winarya [image source]

Namun ternyata dugaan itu salah, ya bukan dia Ely yang dimaksud melainkan orang lain. Namun sayang sampai sekarang masih belum ada kejelasan dari pihak keluarga apakah rencana pernikahan Ryan sudah benar-benar dilaksanakan atau belum.

Belum ada tanda-tanda pengabulan Grasi, nyawa Ryan di ujung tanduk

Beberapa waktu yang lalu, Ryan sempat mengajukan grasi dengan menuliskan sebuah surat pada Presiden Jokowi dan mengharap peringanan hukuman pada dirinya. Namun sayang, sampai sekarang masih belum ada balasan dari pak presiden, bahkan kemungkinan ditolak.

Ryan sekarang [image source]

Ya, meskipun hampir tujuh tahun berjuang namun sayang masih tidak ada kejelasan dengan nasibnya hingga sekarang tubuh Ryan pun nampak sangat lemas dan tidak sebugar dulu. Entah itu karena pengaruh mentalnya yang jatuh karena melihat kenyataan harus menerima hukuman mati atau disebabkan hal yang lain.

Ya, seperti itulah nasib sang jagal Jombang saat ini, setelah sekian banyak perjuangan, dia harus menghadapi hukuman berat yang menimpanya. Terlepas nantinya eksekusinya akan diringankan atau tidak, namun dari kisah Ryan ini kita belajar setiap perbuatan harus dipertanggung jawabkan.