Serial TV Lord of the Rings: Bisakah Amazon Meraih Kejayaan dari Proyek Ambisius Ini?

“Uwaw, seksiii. Mister Frodo, Anda yakin mau mengambil selendang 7 bidadari itu?”/via andybsglove.deviantart.com

Kabar mengenai rencana ini memang mendapatkan tanggapan yang beragam. Nggak cuma tanggapan positif yang didapat, tapi ada juga yang menunjukkan kecemasannya terkait serial TV ini. Penyebabnya nggak lain karena kesuksesan besar yang didapat trilogi Lord of the Rings garapan Peter Jackson.

Hal ini itu juga yang diungkapkan Elijah Wood saat menghadiri event MegaCon. Pemeran Frodo Baggins ini mengungkapkan bahwa ide mengenai adaptasi serial TV ini terdengar menarik. Hanya saja…

“… Kekhawatiran saya berhubungan dengan gambaran visual yang telah dibuat oleh Peter Jackson dan semua orang yang terlibat pembuatan film di Selandia Baru (lokasi syuting LotR). Apa tim yang sama akan terlibat lagi dalam pembuatan serial TV ini?” kata Elijah Wood.

Yup, secara nggak langsung Wood berkata bahwa dunia Middle-Earth yang ada di trilogi sudah digambarkan dengan sempurna, dan tantangan yang muncul adalah apakah serial TV ini bisa melakukan hal yang serupa?

Membandingkannya dengan Game of Thrones

via screenrant.com

Melihat kesuksesan yang diraih Game of Thrones, kayaknya kita bisa menebak kalau Amazon ingin memiliki GoT versi mereka sendiri. Sama-sama mengusung cerita fantasi yang kental dengan nuansa medieval di dalamnya, Amazon nampaknya sadar jika LotR punya potensi yang sama dengan GoT.

Yup, Game of Thrones memang bukan sekadar serial TV yang diadaptasi dari novel George R. R. Martin; GoT bahkan sudah menimbulkan efek tersendiri pada budaya pop, khususnya bagi mereka yang menyukai cerita dari dunia fantasi. GoT berhasil bikin mereka yang awalnya iseng menonton serial TV berubah jadi penggemar baru dari serial fantasi A Song of Fire and Ice.

Lord of the Rings pun kayaknya bisa melakukan hal yang sama, apalagi jika melihat karya trilogi monumentalnya Peter Jackson dari tahun 2001 hingga 2003. Orang-orang nggak mungkin bilang “Tidak” kalau ditawari untuk menonton serial TV ini.

Tapi hal tersebut kayaknya nggak akan berjalan mudah bagi Amazon. Di samping LotR bukan kisah yang baru bagi penikmati dunia fantasi di seantero dunia, kita juga tentu memiliki ekspektasi untuk mendapatkan hal yang baru dari serial TV ini, khususnya bagaimana narasi dalam cerita LotR diterjemahkan ke layar televisi.

Hal ini juga disebutkan oleh George R. R. Martin dalam wawancaranya dengan Rolling Stone tahun 2014, dia berkata “Lord of the Rings memiliki filosofi abad pertengahan: bahwa jika raja adalah orang baik, tanah akan makmur. Namun jika kita melihat sejarah nyata, itu tak sesederhana yang kita bayangkan.”

via thefocusedfilmographer.com

LotR jelas berbeda dari GoT dalam segi cerita. Dunia fiksi Tolkien punya cerita yang cukup sederhana dengan prosanya sangat indah, sedangkan cerita GoT  lebih fokus dengan hal-hal politis di dalam kerajaan. Dan hal tersebut tentu bakal menjadi salah satu bagian yang sulit dihadapi oleh serial TV LotR nantinya.

Kabar tentang serial TV ini memang berhasil menarik perhatian banyak orang. Bahkan dalam situs fans TheOneRing.net, mereka sudah beropini jika serial TV LotR bakal menceritakan kisah Aragorn muda di musim perdananya. Meskipun belum ada kebenaran pasti dari kabar tersebut, tapi kamu juga pasti jadi penasaran ‘kan?

Selain itu, apakah Peter bakal terlibat dalam pembuat serial TV ini? Informasi terbaru mengungkapkan bahwa Peter nggak akan terlibat langsung sebagai showrunner.

Wah jadi meragukan ya, apakah dunia yang ada di serial TV LotR bakal sama dengan versi filmnya? Dan apa kamu sendiri antusias dengan serial TV Lord of the Rings ini? Tulis saja pendapat kamu di kolom komentar.