Siap-Siap, 5 Teknologi Masa Depan Ini Kabarnya Bakal Muncul Dalam Beberapa Tahun Mendatang!

Sebenarnya masih banyak lho teknologi anyar lainnya yang gak kalah keren. Tapi sebagian besar masih dalam proses pengembangan dan belum siap untuk digunakan secara luas.

Kamu penasaran apa aja teknologi yang dimaksud? Dirangkum dari Hongkiat, yuk kita tengok daftarnya.

1. Baju tempur TALOS

via military.com

Tactical Assault Light Operator Suit, atau disingkat TALOS, adalah baju tempur super canggih yang didesain bagi US Army. Selain anti peluru, TALOS mampu menahan ledakan kecil dan sengatan listrik. Baju tempur ini juga memberikan fleksibilitas yang lebih dibanding baju tempur pada umumnya karena bobotnya yang ringan.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara universitas, pemerintah, dan beberapa perusahaan di Amerika. Kabarnya, pengerjaan TALOS sejauh ini terbilang mulus, dan Kepala Komando Operasi Khusus Amerika Serikat, William McRaven, yakin prototipenya bakal selesai pada Juni 2018.

Baju ini kayaknya gak dijual untuk umum deh, guys.

2. Makanan cetak 3 dimensi (3D Printed Food)

via munchies.vice.com

Umumnya printer tiga dimensi digunakan untuk mencetak barang atau karya seni. Tapi, kalau makanan?

Perusahaan asal Jerman, Biozoon, sedang mengembangkan teknologi makanan cetak dengan membuat mesin bernama seneoPro. Mesin printer ini bisa diisi bermacam bubuk khusus (dari bahan makanan) yang mengeras setelah dicetak, tapi juga cepat meleleh ketika dimakan.

Tujuan utamanya yaitu untuk membantu para pasien manula penderita dysphagia (tidak bisa menelan makanan) dan mengurangi risiko tersedak. Dengan alat ini, perawat atau keluarga bisa mencampur dan mencocokkan bubuk untuk membuat berbagai macam makanan.

Nanti mungkin makanan udah gak dimasak lagi ya, tapi dicetak.

3. Tangan palsu dengan indra peraba

via nbcnews.com

Sebuah kelompok yang terdiri dari ilmuwan dan insinyur Eropa berhasil menciptakan prototipe tangan palsu robotik yang memiliki indra peraba pada Maret 2013 lalu.

Gak seperti tangan palsu konvensional, tipe tangan palsu ini terhubung langsung dengan saraf penggunanya. Jadi si pengguna bisa menggerakkan jemarinya dan merasakan sentuhan, seperti tangan asli.

Teknologi ini sangat membantu bagi orang-orang disabilitas, tapi proses pengembangannya masih lama dan belum siap digunakan secara luas.

Hmm… kita doain aja supaya tangan palsu keren ini cepat selesai.

4. Jetpack International H202

via nguoi-viet.com

Mungkin kalau denger jetpack kita langsung teringat sama game GTA ya, hehe. Kayaknya keren gitu kemana-mana terbang pake jetpack yang keliatannya gak terlalu ribet buat dikendalikan.

Anyway, sebuah perusahaan bernama Jet Pack International berhasil memproduksi dua tipe jetpack, H202-Z dan H202, yang berbahan bakar hidrogen peroksida. Kedua jetpack ini bisa mencapai kecepatan maksimum 124 kilometer per jam dan terbang dengan ketinggian maksimal 76 meter. Coba deh cek video test-drive H202 di bawah ini.

Gimana? Keren, ‘kan? Yup, ini adalah awal mula perkembangan teknologi jetpack teranyar nih guys. Buat kamu yang pengen bawa pulang jetpack tersebut, kayaknya belum bisa, deh. Soalnya memang gak dijual, hehe.

Tapi, kamu bisa ngerakit jetpack sendiri, asal kamu punya bujet sekitar Rp1.4 miliar.

5. Baterai StoreDot

via phandroind.com

Sebuah perusahaan teknologi nano bernama StoreDot baru-baru ini mendemonstrasikan prototipe baterai generasi terbaru yang mereka ciptakan. Ketika diisi ulang, baterai tersebut bisa terisi penuh hanya dalam waktu 30 detik. Coba cek deh videonya.

StoreDots menggunakan bahan bio-organik bernama nanodots yang memiliki jumlah muatan listrik lebih besar. Performanya lebih efisien dibanding baterai pada umumnya. Selain itu, baterai ini juga ramah lingkungan dan gak terlalu butuh biaya besar untuk diproduksi secara massal.

Duh, gak sabar nih nunggu baterai StoreDots terpasang di smartphone saya.

Nah, itu dia 5 teknologi masa depan yang mungkin akan terwujud dalam beberapa tahun ke depan. Sebenernya masih banyak lagi teknologi lain yang perlu dibahas, mungkin di kesempatan berikutnya kali, ya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share ya.