Sssttt…6 Film Yang Berdasarkan Kisah Nyata Ini Ternyata Gak Setepat Kenyataannya!

Para produser ataupun sutradara seringkali mengganti kejadian-kejadian yang ada di film tersebut agar lebih dramatis atau lebih asyik ditonton. Namun, tentu saja para sutradara atapun sang produser tidak pernah membeberkan hal itu.

Tapi, sepandai-pandainya tupai melompat pasti jatuh juga. Yap, dilansir dari Brightside, seenggaknya ada sekitar 6 film yang kedapatan mengganti kejadian dalam film yang mereka buat walau sudah menyisipkan kata “berdasarkan kisah nyata”. Apa saja itu? Ini dia nih film-filmnya.

1. Catch Me If You Can

via brightside.me

Cerita tentang seorang penjahat jenius yang selalu selangkah lebih maju dari FBI ini pun ternyata banyak diubah karena untuk macam-macam kepentingan.

Contohnya adalah ketika Frank Abagnale sedang dipenjara, dia berhasil mencuri dan memalsukan beberapa dokumen. Lalu, dia berpura-pura menjadi agen FBI yang sedang menyamar. Hal ini membuat Frank berhasil mengelabui kepala penjara dan membebaskan Frank. Kejadian ini sengaja tidak dimasukan karena dikhawatirkan akan mencederai citra FBI lebih jauh. Karena dalam film Catch Me If You Can sendiri, citra FBI sudah sedikit jatuh karena kesulitan menangkap Frank.

2. Terminal

via brightside.me

Film ini mengisahkan tentang seorang pria asal Eropa timur bernama Viktor Navorski yang terjebak di Airport di Amerika. Viktor ditolak masuk ke Amerika karena dokumennya tidak lengkap, dan juga tidak bisa pulang ke negara asalnya karena di negaranya sedang terjadi agresi militer.

Di kehidupan yang sebenarnya tokoh Viktor bukanlah orang Eropa, tapi seorang pengungsi dari Iran yang bernama Mehran Karimi Nasseri. Dia diasingkan dari negaranya karena pidatonya yang menentang keras pemerintahan. Ketika diasingkan, dokumen-dokumen Nasseri dicuri di airport di Paris, dan mulai terjebak di Airport selama 18 tahun.

Setelah dokumen-dokumennya kembali, Nasseri tidak lantas mau pulang, namun pada tahun 2006 Nasseri harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah keluar dari rumah sakit Nasseri tinggal di hotel dekat dengan airport hingga akhirnya dirinya membeli sebuah apartement di Paris. Sedangkan di filmnya, dia langsung terbang pulang ketika perang di negaranya berakhir.

3. Eddie The Eagle

kinopoisk.ru

Film tentang seorang pemain ski asal Inggris bernama Eddie Evans ini juga diangkat dari kisah nyata. Film yang juga mengajarkan kita untuk selalu mengejar impian dan cita-cita ini juga banyak kejadian di dunia nyata yang dirubah untuk kepentingan film.

Pertama, Eddie adalah orang pertama dari seluruh Inggris Raya yang berpartisipasi dalam ski jumping di olimpiade musim dingin. Dalam film diperlihatkan seolah Eddie adalah seseorang yang tak memiliki pengalaman sama sekali dalam hal ski jumping. Pada kenyataannya, Eddie memiliki beberapa pengalaman dalam bermain Ski Jumping.

Kedua, Eddie memiliki adik perempuan. Dan, kepada adik perempuannya itulah, Eddie mendonorkan tulang sumsumnya.

Ketiga, Eddie tinggal di rumah sakit jiwa di Finlandia karena dirinya tidak memiliki tempat lain untuk tinggal. Dan, di rumah sakit itulah dia mengetahui bahwa dirinya lolos kualifikasi untuk olimpiade.

Editor’s Pick

Mungkin Kamu Gak Nyangka, Tapi 7 Hal Yang Mirip Kisah Film Horor Ini Beneran Ada Di Dunia Nyata

Nggak Disangka, 7 Selebritis Dunia Ini Justru Makin Terkenal setelah Meninggal Dunia

Mengharukan, Ada Kisah Gak Terduga Dibalik Hilangnya Anjing Ini

Fans Horor Merapat! 5 Film Pendek Ini Bakal Bikin Bulu Kudukmu Merinding, Berani Nonton?

Meski Udah Pernah Nonton, Tapi Kamu Pasti Belum Tahu Fakta Unik Di Balik Pembuatan 10 Film Populer Ini

4. Hachi: A Dog’s Tale

kinopoisk.ru

Film super menyentuh yang bikin baper banyak orang ini pun memiliki beberapa kejadian yang diganti karena kepentingan filmnya lho, guys. Ternyata alasan sang professor yang mengadopsi Hachi menamai anjing tersebut “Hachi” adalah karena dirinya sudah memiliki 7 anjing dan Hachi adalah yang ke 8. Hachi sendiri dalam bahasa jepang berarti “8”. Namun, memang, di antara anjing-anjing yang lainnya, Hachi-lah yang paling dekat dengan professor.

Monumen Hachi sebenarnya dibangun semasa Hachi masih hidup. Orang-orang Jepang saat itu benar-benar tersentuh dengan aksi Hachi saat itu. Setelah Hachi meninggal, banyak rakyat Jepang yang ikut berduka.

5. Dunkirk

via brightside.me

Dunkirk merupakan salah satu film yang menceritakan soal peperangan pada saat Perang Dunia ke-2. Saat itu tentara Inggris terkepung oleh musuh di pantai Dunkirk.

Film yang dianggap sukses ini juga memiliki beberapa kejadian yang dirubah untuk kepentingan film. Seperti pertama, ketika scene seorang tentara hormat, dia seharusnya menggunakan topinya. Dalam film Dunkirk ini ada scene ketika seorang tentara hormat tanpa topinya, dan itu merupakan pelanggaran.

Kedua, di dalam film Dunkirk kamu bisa melihat banyak tentara India dan Perancis. Namun, pada kenyataannya hanya ada beberapa tentara Perancis dan India saat kejadian.

Ketiga, Dunkirk sendiri sudah dihancurkan sebelum operasi dimulai.

6. The Revenant

via brightside.me

Film yang berhasil meraih banyak piala Oscar ini juga ternyata memiliki banyak memasukan kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan kenyataannya, lho.

Yang pertama adalah ketika scene di mana Leonardo di Caprio bertarung dengan seekor beruang. Kejadian tersebut seharusnya terjadi ketika musim panas, bukan musim dingin.

Kedua, ada beberapa kejadian sebenarnya tidak terjadi sama sekali. Tidak ada bukti yang mengatakan bahwa Hugh tidur di atas mayat binatang. Dan juga ada yang mengatakan bahwa Hugh sama sekali tidak memiliki anak. Sedangkan dalam film The Revenant kita bisa melihat anak dari Hugh Glass.

Di kejadian yang sebenarnya, Hugh Glass kembali bertemu dengan John Fitzgerald dan Jim Bridge, dan kemudian Hugh memaafkan keduanya.

Nah, tadi itu merupakan fakta-fakta yang sebenarnya dari film yang diangkat dari kisah nyata, guys. Adakah film favoritmu? Atau malah ada fakta yang terlewat oleh kami? Kasih tahu pendapatmu di kolom komentar, ya!