Sssttt…Mau Tahu Caranya Jatuh Cinta Atau Bikin Doi Jatuh Hati? Pake Cara Ini Aja, Yuk!

Hmm, pasti kamu udah ngebayangin gimana hidup kedepannya kalau sampe gebetan kamu jatuh hati sama kamu, kan? Pertama kamu makan bareng, main bareng, nonton bareng, sampe nonton konser band favoritmu bareng. Pokoknya kayak prangko sama amplop deh: nempeell.

Gimana? Asyik,’kan? Penasaran juga gimana caranya? Dilansir dari bigthink, yang juga berdasarkan penelitian dari seorang psikolog dari Universitas Stony Brook, Amerika, ternyata caranya lumayan simple lho, guys. Caranya cukup dengan…

Saling bertanya

via bigthink.com

Yap, caranya adalah dengan melontarkan beberapa pertanyaan satu sama lain. Seenggaknya ada sekitar 35 jenis pertanyaan yang bisa kamu lontarkan satu sama lain agar hubungan kedekatan kalian berdua semakin dekat.

Cara ini juga sudah dicoba oleh seorang penulis bernama Mandy Len Catron di Universitas British Columbia, Vancouver dan hasilnya, orang yang saling melontarkan pertanyaan tadi merasa lebih mengenal dan lebih dekat satu sama lain.

Set pertanyaan pun dibagi menjadi 3 bagian. Set bagian ke-1 digunakan apabila kamu baru bertemu dengan lawan bicaramu, set ke-2 kalau sudah mulai merasa nyaman dengan lawan bicaramu, dan set ke-3 digunakan untuk kamu yang sudah merasa ada kedekatan dengan lawan bicaramu.

Nah, jadi penasaran kan pertanyaannya apa saja? Check this out, guys.

Set pertama

via pinterest.com

Kalau buat set ke-1 ini bisa dibilang pertanyaan basa basi. Lakukan set ini setelah kamu perkenalkan nama kamu, ya. Kan gak lucu kalau kamu belum kenal terus tiba-tiba nanya “Apakah kamu ingin terkenal? Dengan cara apa?”, yang ada kamu malah disangka pencari bakat dari acara dangdut sebuah stasiun televisi nasioanl lagi. Jadi, ingat ya urutannya, perkenalan, baru deh coba tanya-tanya pertanyaan berikut ini:

1. Bila kamu bebas memilih hanya satu orang dari seluruh dunia, siapa yang akan kamu ajak makan malam berdua? 2. Apakah kamu ingin terkenal? Dengan cara apa? 3. Sebelum menelpon seseorang, apakah kamu pernah latihan berbicara dulu? Kenapa? 4. Menurut kamu, hari yang sempurna itu seperti apa? 5. Kapan terakhir kali kamu bernyanyi untuk dirimu sendiri, atau orang lain? 6. Kalau kamu diberi umur hingga 90 tahun, tapi badanmu tetap seperti seseorang di umur 30 tahun disisa 60 tahun hidupmu, apa yang akan kamu lakukan? 7. Apakah kamu sudah punya perasaan atau mengetahui bagaiman kamu akan mati? 8. Sebutkan 3 kesamaan yang kamu dan pasanganmu miliki. 9. Hal apa yang paling kamu syukuri di dunia ini. 10. Kalau kamu bisa merubah cara bagaimana kamu dibesarkan, apa yang akan kamu ubah? 11. Luangkan waktu 4 menit saja dan ceritakan tentang dirimu terhadap lawan bicaramu secara detail. 12. Apabila kamu bangun esok hari dan tiba-tiba memiliki kemampuan yang sebelumnya tidak kamu miliki, kemampuan apa yang kamu inginkan?

Dari pertanyaan-pertanyaan tadi, dan ditambah dengan kontak mata selama 4 menit maka sudah terbukti kedua belah pihak akan merasa semakin dekat walaupun sebelumnya kamu belum terlalu mengenal orang tersebut. Tapi, tentu saja hal ini harus dilakukan dalam kondisi tertentu. Kalau ingin bertanya tentu kamu harus meminta izin kepada lawan bicaramu untuk bertanya beberapa hal juga lihat situasi dan kondisi. Karena kalau kamu lakukan secara spontan, kamu bakal disangka orang aneh dan malah bikin lawan bicara kamu lari. Nggak mau, kan?

Set kedua

via confusedsandals.com

Di set yang ke-2 ini kamu baru bisa menanyakan hal-hal ini apabila kamu sudah merasa nyaman dengan lawan bicaramu. Karena pertanyaan-pertanyaan set ke-2 ini benar-benar akan membuat tingkat kedekatan mu dengan lawan bicaramu semakin dekat. Tapi, apabila kamu menanyakannya tanpa izin, kamu bisa dianggap melanggar privasinya. Maka dari itu, harus benar-benar hati-hati ya, guys.

Jadi, apa saja sih pertanyaanya? Ini dia nih

13. Apabila sebuah bola kristal bisa memberitahumu soal siapa dirimu sebenarnya, hidupmu, dan juga masa depanmu, apa yang paling ingin kamu ketahui? 14. Apakah ada sesuatu yang selama ini kamu impikan untuk lakukan dan kamu belum lakukan? 15. Apa pencapaian terbesarmu dalam hidup? 16. Apa yang paling kamu hargai dalam sebuah persahabatan? 17. Apa kenangan yang paling indah dalam hidupmu? 18. Apa kenangan yang paling buruk dalam hidupmu? 19. Apabila kamu mengetahui dalam setahun kedepan kamu akan mati, apakah kamu akan merubah cara hidupmu sekarang? 20. Apa arti sebuah persahabatan untukmu? 21. Peran apa yang kamu perankan dalam hubungan cinta dan kasih sayang dalam hidupmu? 22. Ungkapkan hal yang menurutmu positif dari lawan bicaramu. Ungkapkan minimal 5 hal. 23. Seberapa dekat dan seberapa hangat keluargamu? Apakah kamu merasa masa kecilmu lebih bahagia dari masa kecil orang lain?

Setelah kamu mengungkapkan pertanyaan set ke-2 ini, dan lawan bicaramu bersedia untuk menjawab, berarti hubungan kalian sudah lebih dari sekedar teman. Kenapa? Karena menurut seorang antrhopologis Ted Fischer, cinta dan rasa suka merupakan sebuah evolusi kekuatan positif, dan dengan pertanyaan-pertanyaan tadi, secara otomatis kamu sudah memberikan kekuatan positif terhadap lawan bicaramu dan memperkecil halangan kamu untuk dekat dengan lawan bicaramu.

Editor’s Pick

Bukan Cuma Keren Ditonton, Tapi 7 Trik Dari Film Aksi Ini Bisa Menyelamatkan Hidupmu Loh!

Kamu Orangnya Suka Nunda Kerjaan? Nih 10 Cara Simpel Biar Kamu Bisa Menghilangkan Kebiasaan Itu

6 Hal Yang Wajib Kamu Ingat Saat Kamu Ngerasa Kewalahan Ngejalanin Hidup

Psst… Ingat Baik-Baik 8 Saran Ini, Siapa Tahu Bisa Menyelamatkanmu Di Kemudian Hari

Jangan Sampai Kamu Jadi Prokrastinator! Praktekkin Deh 8 Tips Buat Hilangin Sifat Suka Menunda-Nunda Ini

Set ketiga

via pinkyhands

Nah, di set yang ke-3 ini kamu harus sudah memutuskan untuk bersahabat atau setidaknya sudah merasakan benih-benih suka dengan lawan bicaramu. Karena pertanyaan-pertanyaan ini sudah bersifat personal dan sedikit mengarah ke curhat.

Apa aja pertanyaannya? Ini dia, nih

24. Buat 3 kalimat menggunakan kata “kita”. Contohnya “ Kita berdua merasa nyaman berada di ruangan ini”. 25. Lengkapi kalimat ini: “Aku harap aku memiliki seseorang yang bisa aku ajak untuk berbagi…..” 26. Apabila kalian berdua sahabat, coba beritahu suatu hal yang sangat penting soal dirimu yang harus diketahui sahabatmu tersebut. 27. Beritahu pasanganmu soal apa yang kamu sukai dari dirinya; katakan yang sejujurnya. Jangan anggap lawan bicaramu tersebut seseorang yang baru saja kamu kenal. 28. Beritahu lawan bicaramu momen paling memalukan dalam hidupmu. 29. Kapan terakhir kali kamu menangis di depan orang, dan kapan terakhir kali kamu menangis sendiri? 30. Katakan apa yang kamu sukai dari lawan bicaramu 31. Hal apa yang akan membuatmu tersinggung ketika dibuat guyonan? 32. Kalau kamu meninggal malam ini, dan tidak memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan siapapun, siapa yang paling kamu sesali tidak pernah mendapat kesempatan untuk bicara? Kenapa kamu tidak pernah mengatakan hal tersebut pada dirinya? 33. Kalau rumahmu terbakar, dan kamu sudah menyelamatkan orang-orang tersayang dan peliharaanmu, dan kamu masih punya waktu untuk menyelamatkan 1 barang. Barang apa itu? Kenapa? 34. Dari semua kematian keluargamu, kematian siapa yang paling mengganggu untukmu? Kenapa? 35. Tanyakan dan minta saran ke lawan bicaramu soal permasalahan yang sedang kamu hadapi. Dan setelah mereka memberi saran, kembali pada dirimu, apakah saran tersebut kamu rasa tepat atau tidak?

Intinya, kalau kamu menanyakan 35 pertanyaan tadi kepada seseorang yang ingin kamu dekati, maka dijamin deh,  kamu bakal menjadi sahabat seketika. Atau,  kalau niatmu lebih dan kamu sudah sangat mengenal orang tersebut, kamu akan mendapatkan soumate. Hal ini juga sejalan dengan pribahasa “tak kenal maka tak sayang.” Jadi, apa kamu siap untuk mencari belahan jiwa atau dicintai orang sekarang?