Suka Makan Pedas? Gini Nih Caranya Ngilangin Rasa Pedas Di Lidah Kamu Dengan Cepat

Makanan-makanan pedas seperti yang disebutkan di atas memang nikmat, tapi, after effect nya itu loh, bikin kita panik sendiri dan rasanya pengen jedot-jedotin kepala ke tembok. Rasanya tuh kayak lihat mantan jalan sama orang lain sedangkan kita masih diam sepi sendiri. Pokoknya pedih, guys.

via viral4real.com

Nah, ketika itulah, penawar rasa pedas dibutuhkan. Ada banyak penawar rasa pedas yang sering kita dengar seperti susu, gula, yogurt, krim, roti, atau yang paling simple adalah segelas air. Tapi, apa benar hal-hal tadi ampuh untuk menghilangkan rasa pedas?

Dilansir dari thetakeout, di sini kita mau ngasih tahu hal apa saja yang terbilang ampuh untuk menghilangkan rasa pedas yang kamu alami langsung dari para ahlinya. Di sini, kita akan membahas penawar rasa pedas paling ampuh langsung dari para penjual saus pedas dan juga seorang chef ternama asal Amerika yang memiliki spesialisasi di makanan tradisional Mexico yang terkenal pedas yaitu Rick Bayless.

Jadi, apa sih makanan dan minumam yang paling ampuh untuk menghilangkan pedas? Ini Jawabannya!

1. Susu

via diabetes-cure.me

Yap, susu ternyata memang sangat ampuh untuk menghilangkan pedas. Susu bisa menghilangkan minyak dalam zat pedas dalam cabe yang bernama capsaicin. Ingat ya, kalo kepedesan, langsung minum susu. Jangan minum air, soft drink, ataupun minuman beralkohol. Kenapa? Karena, air, soft drink ataupun minuman beralkohol malah bisa menyebarkan minyak dari capsaicin, sehingga rasa pedasnya malah semakin menyebar. Kalau kamu alergi terhadap laktosa, kamu bisa minum susu kedelai sebagai penggantinya. Nah, kalau ada temenmu yang ngomongnya pedas juga suruh banyak-banyak minum susu aja, ya. Hehehehe.

2. Yoghurt

via detoxinista

Nah, yoghurt ini juga salah satu minuman yang paling ampuh dalam menghilangkan rasa pedas. Malah, bisa dibilang kalau yoghurt ini lebih tinggi keampuhannya dalam menghilangkan rasa pedas daripada susu karena memiliki kandungan casein (protein susu) yang lebih tinggi dari susu itu sendiri. Casein ini yang berjasa dalam menghilangkan rasa pedas dalam mulutmu. Jadi, kamu yang pencinta pedas, banyak-banyak berterima kasih kepada si casein, ya.

Editor’s Pick

Bosen Sama Menu Harian Yang Itu-Itu Aja? 9 Makanan Yang Bikin Ngiler Ini Gampang Banget Loh Dibuatnya

Macarons Kristal Buatan Restoran Ini Berhasil Bikin Mata Pengunjungnya Terpesona!

Siapa Yang Nyangka, 6 Trik Kesehatan Unik Ini Bisa Diterapkan Pada Tubuh Kamu Lho

Anak Rantau Susah Bangun Pagi? 6 Aplikasi Alarm Ini Punya Kemampuan Sehebat Emak

Ini 5 Cara Tubuh Memberitahu Kalau Kamu Kekurangan Kalori, Wajib Catet Guys!

3. Es batu

via alodokter.com

Pernah kepedesan sampe cegukan? Kalau saya pribadi sih sering (maap curhat). Nah, buat kamu yang juga suka mengalami kejadian seperti saya ini, ada saran yang bagus nih dari sang chef Rick Bayless. Kamu bisa coba ngemut es batu sambil tahan nafasmu beberapa saat. Dengan cara ini, cegukan kamu berhenti dan rasa pedas yang kamu rasakan di mulut juga berkurang, deh. Mantap, kan?

4. Es krim

go.ukm.id

Kalau yang satu ini sih bisa dibilang obat yang enak. Yap, masih meurut Rick Bayless, es krim merupakan pilihan tepat untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat karena es krim memiliki tingkatan gula yang tinggi dan seringkali memilki cone yang renyah. Gula memiliki fungsi menghasilkan lebih banyak air liur untuk melindungi lidah, dan cone yang renyah memiliki fungsi sebagai penggosok lidah agar zat capsaicin di lidah cepat larut.

Nah, intinya zat casein atau protein susu adalah hal yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Tapi, mau sepedas apapun makanan yang kamu makan, semuanya akan berlalu seiring dengan waktu, kok. Layaknya kenangan yang sudah kamu rajut bersama doi, akan hilang digerus waktu. Okey skip! Jadi, apakah kamu punya cara lain untuk menghilangkan rasa pedas selain dari cara-cara di atas? Kalo punya, share di kolom komentar, dong.