Tak Harus Tembok, 7 Ide Sekat Kreatif Ini Bikin Rumah Minimalis Jadi Kece Abis

Tapi, kebayang tidak betapa padatnya rumah minimalismu nantinya jika dipenuhi tembok di sana-sini?

Maka dari itu, buat kamu yang tetap menginginkan adanya berbagai ruangan di rumah mungilmu, 7 ide sekat rumah kreatif ini wajib kamu coba.

1. Lemari sebagai sekat sekaligus tempat menaruh hiasan

sumber: impressiveinteriordesign

Rak multifungsi yang cukup tinggi bisa digunakan pembatas ruangan yang menghubungkan ruang tamu dengan ruang makan seperti gambar di atas. Rak ini juga bisa kamu gunakan untuk menaruh hiasan, pigura foto, atau benda-benda lain yang sekiranya menambah kesan estetis.

2. Lemari semi tinggi juga cocok untuk menyekat kamar tidur

sumber: wegoracing

Ingin kamar tidur yang terbuka tapi ingin tetap terjaga privasinya? Kamu bisa menaruh lemari berukuran sedang untuk menyekat kamar tidur dengan kamar lainnya. Kamu juga bisa menaruh pajangan kecil di atas lemari tersebut.

3. Atau bisa menggunakan tirai sebagai alternatifnya

sumber: hangersonly

Terinspirasi dari model penyekat di rumah sakit yang menggunakan tirai, kamu juga bisa menggunakannya untuk memisahkan kamar tidur dengan ruang keluarga. Super minimalis dan pastinya lebih hemat daripada bikin tembok.

4. Susunan pigura foto pun bisa

sumber: hangersonly

Nah, kalau kamu punya sedikit keterampilan dalam memotong kayu, bisa loh DIY membuat sekat seperti foto di atas. Dengan ini, kamu juga bisa menggonta-ganti foto sesuai mood. Kan asyik tuh sambil ngobrol terus melihat foto-foto kenangan.

5. Ranting atau dahan pohon juga bisa disulap jadi ‘tembok’

sumber: nytexas

Potongan dahan, ranting, ataupun bambu kecil bisa kamu manfaatkan loh sebagai pengganti tembok rumah. Kamu bisa memotongnya sehingga setiap dahan memiliki tinggi yang sama, lalu tempatkan ke dalam kotak seperti gambar di atas. Jangan lupa beri lampu hias kecil agar memiliki kesan hangat pada ruangan.

6. Hemat dengan ‘tembok’ kertas

sumber: pinterest

Tidak perlu biaya mahal untuk membuat sekat rumah. Dengan memanfaatkan kertas, kamu bisa kok memiliki sekat rumah kekinian. Gunakan kertas yang agak tebal kemudian digunting bulat seperti gambar di atas. Setelah itu, pakai kawat tipis untuk merangkai bulatan-bulatan kertas tersebut. Voila, kertas sekat ruangan pun siap untuk dipajang.

7. Dari kayu berongga juga cantik loh

sumber: surripui

Ingin rumah minimalismu lebih down to earth? Pilihan elemen kayu berongga akan memberikan kesan membumi sekaligus elegan. Partisi kayu berongga juga memberi pasokan aliran udara yang lebih baik sehingga rumah akan jauh dari kesan panas dan sumpek.

Nah, buat kamu yang sedang berencana membangun rumah minimalis, 7 referensi sekat di atas bisa menjadi alternatif pilihan yang bagus, bukan?

Sumber: Hipwee