Ternyata 8 Jenis Kotoran Telinga Ini Tunjukkan Kondisi Tubuh, Lho! Kamu Sudah Tahu?

Nah, pernahkah kamu memperhatikan warna atau baunya? Jika belum, coba perhatikan lagi mulai sekarang. Sebab, warna dan bau kotoran telinga bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Jika kamu sedang sehat, mungkin tak akan menemukan keanehan pada kotoran telinga. Tapi, jika ada yang bermasalah dengan tubuhmu, coba cek daftar berikut ini:

1. Tekstur kering

via depositphotos.com

Ketika kotoran telinga terlihat kering, kemungkinan tubuhmu kekurangan asupan lemak. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh dermatitis atau penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering.

2. Mendadak lebih cair

via depositphotos.com

Kotoran telinga memiliki tekstur yang tidak cair dan tidak kering. Untuk itu, jika tiba-tiba kotoran telinga berubah agak cair, segera hubungi dokter. Ada kemungkinan, tubuhmu sedang mengalami peradangan.

3. Berbau tak sedap

via depositphotos.com

Kotoran telinga yang berbau tak sedap, apalagi menyengat, menadakan adanya infeksi di bagian telinga tengahmu. Selain itu, akan muncul gejala lain seperti mendengar suara bising tanpa sebab. Segara kunjungi dokter THT jika mengalaminya.

4. Berwarna putih

via depositphotos.com

Pernah menemukan yang begini? Itu tandanya tubuhmu sedang kekurangan vitamin dan zat besi. Untuk itu, mulailah pola hidup sehat dan perhatikan asupan makanan.

5. Berwarna hitam

via depositphotos.com

Sesekali, kamu mungkin mengalami kondisi ini. Tapi, jika kondisi terus berlanjut disertai rasa gatal tak tertahankan, tandanya telingamu sedang terinfeksi jamur.

6. Berwarna coklat

via depositphotos.com

Kotoran telinga juga bisa menunjukkan kondisi mentalmu. Oleh karena itu, saat kamu mulai stres dan tertekan, jumlah kotoran telinga akan meningkat dan berwarna lebih gelap. Yuk, liburan dulu!

7. Disertai bercak darah

via depositphotos.com

Jika mengalami kondisi ini, kamu wajib waspada dan segera ke dokter. Darah pada kotoran telinga menunjukkan terjadinya infeksi yang dapat menyebabkan otitis dan menurunnya pendengaran.

8. Berwarna abu-abu

via depositphotos.com

Pernah mengalami hal ini? Tak perlu khawatir, warna abu-abu menunjukkan adanya debu yang masuk telinga. Biasanya, orang-orang yang hidup di kota dengan udara tercemar akan mengalaminya.

Sudah tahu kan ternyata kotoran telinga juga bisa menjadi sinyal tubuh dan menunjukkan kondisi kesehatan. Untuk itu, bagikan artikel ini pada teman, saudara, dan pasangan, agar mereka juga tahu!