Ternyata Cara Nangkap Pokemon Red/Blue/Yellow Tidak Seperti yang Kita Bayangkan!

via pokemon.com

Well, tidak ada yang salah dengan pengetahuan itu. Hanya saja, teori tersebut tidak sesederhana itu di Pokemon Red/Blue/Yellow karena mekanik untuk penangkapan Pokemon di 3 versi lawas tersebut sedikit berbeda. Ada yang masih main di emulator GBA?

Bahkan siapa yang menyangka kalau Great Ball memberi peluang lebih besar untuk menangkap Pokemon dibandingkan dengan Ultra Ball. Nani?!

Kalau nggak percaya, coba cek video Chris Bratt di bawah ini.

Buat kamu yang ngga paham bahasa Inggris atau bingung mendengarkan penjelasan Bratt, nih penjelasannya.

via youtube.com/watch?v=RPZi885CSV0

Jika Pokemon yang kamu tangkap adalah hantu Marowak (yang ada di Pokemon Tower lantai 6), maka otomatis akan gagal dengan pesan “It dodged the thrown BALL! This POKéMON can’t be caught!” dan skip ke langkah selanjutnya.

Jika kamu menggunakan Master Ball, maka Pokémon pasti akan tertangkap. Skip ke langkah selanjutnya.

Menangkap Pokemon berdasarkan status abnormal dan Poke Ball yang digunakan

via iwantpokemon.com

1. Generate nomor random dengan variabel R1, tergantung dari jenis Poke Ball yang digunakan

Jika Poké Ball, R1 mulai dari 0 sampai 255, Great Ball, R1 mulai dari 0 sampai 200, Ultra atau Safari Ball, R1 mulai dari 0 sampai 150.

2. Buat variabel status S

Jika Pokémon ‘asleep‘ atau ‘frozen‘ S = 25. ‘poisoned‘, ‘burned‘, atau ‘paralyzed‘, S = 12, selain itu S = 0.

3. Buat variabel baru berupa hasil pengurangan R1 dan S, anggap saja R*

Jadi R* = R1 – S, apabila R* kurang dari nol, maka Pokemon akan tertangkap.

Menangkap Pokemon berdasarkan HP dan jenis bola yang digunakan.

Ini masih lanjutan dari yang atas, hanya saja ada penambahan kondisi.

Editor’s Pick

  • 5 Macam Klise dalam Game Horor Zaman Sekarang yang Mulai Terasa Membosankan
  • Percaya Nggak Percaya, Ternyata 9 Cosplayer ini Nggak Pakai Baju atau Kostum, lho!
  • 4 Game ini Ternyata Menyimpan Beberapa Hal Misterius yang Bisa Bikin Kamu Merinding!
  • Pengen Tahu Gimana Rahasia Pembuatan Monster yang Ada di Film? Intip Saja di Sini

4. Hitung HP Pokemon, sebut saja variabel F

F = HP maksimum dari Pokemon * 255

5. Bagi F dengan bola yang digunakan

Jika menggunakan Great Ball, maka bagi dengan 8, selain itu bagi dengan 12. (Paham kan kenapa Great Ball lebih hebat daripada Ultra Ball?)

6. Bagi HP Pokemon saat ini dengan 4

Jika hasilnya lebih besar dari 0, bagi F dengan hasil pembagian ini dan jadikan nilai F yang baru.

7. Lihat nilai F yang baru

Jika F yang baru nilainya lebih besar dari 255, nilainya diubah menjadi 255.

8. Lihat ‘base catch rate‘ dari Pokémon (tiap Pokemon memiliki base catch rate masing-masing)

Jika ‘base catch rate‘ dari Pokémon kurang dari R*, maka Pokemon otomatis akan lepas.

9. Generate nomor random kedua dengan variabel R2

Nilai R2 berkisar mulai 0 sampai 255.

10. Lihat nilai R2 dan bandingkan dengan F

Jika R2 kurang dari sama dengan F, maka Pokemon akan tertangkap.

Itu dia algoritma penangkapan Pokemon di Red/Blue/Yellow yang dirangkum dari DragonFlyCave.

Gimana menurutmu? Lebih susah rumus ini apa masih lebih susah kalkulus?