Ternyata Serat Putih Yang Sering Kamu Lihat Di Daging Ayam Ada Artinya! Kira-Kira Bahaya Gak Ya Buat Kesehatan?

Tapi, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilaporkan lewat situs Thrillist yang menunjukan fakta yang bikin shock soal kebenaran dada ayam itu rendah lemak. Mau tahu apa dada ayam itu beneran rendah lemak atau enggak? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Apa Makna Serat Putih Yang Ada Di Daging Ayam Yang Kamu Makan?

Via: static.independent.co.uk

Kalau kamu biasa beli bahan makanan dan memasaknya sendiri sebelum kamu makan, kamu pasti sering lihat ada serat berwarna putih pada daging ayam yang biasa kamu beli. Serat ini biasanya ada banyak di bagian dada ayam dan berbentuk seperti garis-garis benang halus yang memanjang. Kalau kemarin-kemarin kamu cuek aja dan tetep beli daging ayam dengan bentuk kayak gini, bagusnya sekarang kamu mulai lebih teliti buat milih daging ayam yang mau kamu beli. Soalnya, ternyata serat putih ini nandain jumlah lemak yang ada di dalam daging ayam yang kamu beli.

Beda dengan jaman dulu, jaman sekarang para peternak ayam dituntut buat bisa ngembangbiakin ayam dengan cepat dan besar supaya daging yang nanti dipotong bisa banyak. Sayangnya, waktu pemeliharaan yang super singkat ini bikin para peternak ayam zaman sekarang menggunakan berbagai suntikan hormon supaya ayam-ayamnya cepet gede. Suntikan hormon ini lah yang jadi penyebab utama kandungan lemak yang ada di daging ayam zaman sekarang jadi lebih banyak, bahkan kalau dibandingin sama daging merah sekalipun. Kandungan lemaknya bisa 224% lebih tinggi dari batas normal, loh. Hal ini bisa kamu lihat lewat banyaknya serat putih yang ada pada daging ayam mentah yang kamu beli. Jadi, semakin banyak serat putih di daging ayam, maka kandungan lemaknya juga semakin tinggi!

Tapi Gak Usah Parno Berlebihan Juga, Ya

Via: Freepik.com

Meskipun fakta tentang kandungan lemak yang sangat tinggi pada daging ayam sudah terbukti lewat penelitian ilmiah, bukan berarti kamu jadi parno dan anti makan daging ayam dari sekarang. Inget, segala sesuatu yang berlebih itu gak pernah bagus. Buat kamu yang lagi diet dan udah terbiasa ngeganti menu daging kamu dari daging merah jadi daging ayam, gak perlu khawatir gak bisa makan daging ayam lagi selamanya. Kamu bisa mulai lebih teliti waktu memilih daging ayam yang mau kamu masak dengan memilih daging ayam yang gak banyak serat putihnya. Bisa juga kamu ganti pilihan daging ayam kamu yang tadinya biasa ayam negeri, jadi ayam kampung atau daging ikan yang gak kalah banyak kandungan proteinnya.

Ada satu fakta lagi yang bisa nenangin kamu: meskipun sudah banyak penelitian yang ngedukung soal kandungan lemak tinggi di daging ayam, masih ada kebaikan yang bisa kamu terima dari mengonsumsi daging ayam. Daging ayam terbukti secara ilmiah masih memiliki kandungan kolestrol dan garam yang lebih rendah daripada daging merah. Jadi, tinggal kamu yang pinter-pinter ngatur dan milih, ya!

Udah siap buat milih-milih daging ayam di supermarket buat dimasak jadi menu diet kamu? Sekarang, sudah tahu tipsnya supaya diet kamu gak gagal cuma gara-gara salah milih daging ayam, kan?