Tips Kesehatan Soal Berat Badan Ini Sering Banget Kita Dengar Sehari-Hari, Mitos Atau Fakta?

Sarapan Dengan Porsi Berat

Via: img.taste.com.au

Mungkin kamu termasuk salah seorang yang nerapin tips yang satu ini. Katanya sih sarapan dalam porsi besar bisa bikin kita menahan lapar sampai sore hari, padahal faktanya porsi makanan dalam sarapan kita ternyata gak ada hubungannya sama daya tahan tubuh kita dalam menahan rasa lapar.

Fakta ini diperkuat sama sebuah penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, yang mengungkapan fakta bahwa hampir semua penelitian mengenai hubungan antara melewati sarapan dan kenaikan berat badan diadakan untuk memaksakan korelasi antara kedua hal tersebut. Jadi intinya selama ini kita didoktrin buat gak ngelewatin sarapan bahkan kalau bisa sarapan dalam porsi besar, supaya kita gak ngalamin kenaikan berat badan, padahal dua hal itu gak ada hubungannya sama sekali.

Makan Dalam Porsi Kecil Secara Bertahap

Via: image.11street.my

Tips ini juga punya tujuan yang sama dengan tips pertama, yaitu supaya tubuh kita bisa mengontrol rasa lapar dan menahan diri dari makan berat sebelum waktunya. Kira-kira tips yang satu ini termasuk mitos atau fakta menurut kamu?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan The American Journal of Clinical Nutrition, terungkap sebuah fakta bahwa tubuh kita tidak mengalami perbedaan ketika memproses makanan dalam satu porsi penuh ataupun dibagi dalam beberapa waktu. Jadi mau kamu makan satu porsi nasi uduk sekaligus ataupun membagi nasi uduk tersebut ke dalam tiga porsi kecil-kecil untuk dimakan secara bertahap, tubuh kamu akan memproduksi kalori dalam jumlah yang sama dan metabolisme tubuh kamu pun gak akan mengalami hal yang berbeda.

Segera Makan Sehabis Nge-Gym

Via: alloy.com

Tips ini biasanya ditujukan sama orang-orang yang sedang berusaha menaikan berat badannya. Konon untuk menaikan berat badan seseorang, selain dia harus rajin nge-gym, dia juga harus buru-buru makan setelah selesai nge-gym. Katanya sih hal ini harus dilakuin supaya berat badannya yang udah naik gak turun lagi. Masuk akal gak menurut kamu?

Daripada sibuk menerka-nerka, mending kamu baca hasil penelitan dari Journal of the International Society of Sports Nutrition. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa, kebiasaan makan sehabis nge-gym tidak berdampak banyak pada berat badan kita. Gak buru-buru makan sehabis nge-gym cuma bakal bikin kamu lelah, kalau setelah itu kamu langsung melanjutkan aktifitas kamu dengan kegiatan yang cukup berat. Kalau enggak sih, gak ada pengaruh apapun baik itu sama kesehatan kamu maupun berat badan kamu.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Via: wetmarket.com

Mungkin ini adalah tips tentang berat badan yang paling sering kamu dengar selama ini. Tips ini beredar luas di kalangan orang-orang yang lagi gencar melakukan diet, katanya sih makan sebelum tidur cuma bakal ngebuat tubuh kita nimbun lemak. Kira-kira ini beneran atau bohongan ya?

Ternyata tips yang satu ini ada benarnya juga loh, secara ilmiah tubuh kita mempunyai tugas untuk membakar lemak pada saat kita tidur. Pada saat itu glikogen dalam tubuh kita diubah menjadi glukosa dan dilepaskan ke aliran darah untuk menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur. Ketika cadangan glikogen habis, hati akan membakar sel lemak untuk dijadikan energi. Tubuh membutuhkan waktu beberapa jam untuk melakukan proses tersebut sampai cadangan glikogen terpakai. Sehingga jika kita makan sebelum tidur secara berlebihan dan bangun pagi diteruskan dengan sarapan, tubuh kita gak punya cukup waktu buat memproses glikogen tersebut. Hasilnya tubuh kita jadi makin gendut deh …

Sekarang udah tahu kan tips kesehatan mana yang harus kamu terapin kalau mau naikin atau nurunin berat badan? Jangan lupa kasih tips ala kamu sendiri ya di kolom komentar di bawah ini.