Yakin Kamu Masih Muda Dan Sehat? Buktikan Dengan 5 Latihan Dasar Ini Yuk!

Waduh, kok bisa gitu?

Ya, karena umur tubuh itu bisa dilihat dari fleksibel atau enggaknya tulang dan otot dalam bekerja. Di usia kanak-kanak, banyak balita yang bisa dengan gampangnya menekuk kaki ke atas misalnya. Tapi menjelang remaja, kemampuan semacam itu berkurang drastis; tubuh kita udah nggak lagi seelastis dulu. Apalagi kalau kamu kebanyakan duduk dengerin ceramah dosen atau males olahraga, bisa ketebak tuh kalau usia tubuhmu udah ‘tua’.

Nah, untuk membuktikan tubuh kamu masuk kelompok usia berapa, yuk coba ikuti 5 latihan dasar yang dihimpun dari BrighSide berikut ini.

1. Cek kelenturan sendi-sendi di bagian bahu

via depositphoto

Coba lakukan gerakan kayak gambar di atas. Kalau menurutmu gampang dan kamu bisa melakukannya dengan sempurna, berarti kamu emang bener-bener muda, guys!

Tapi kalau kamu agak kesulitan, berarti kamu kurang olahraga dan perlu banyak latihan lagi. Kamu bisa mulai dengan memegang siku dengan telapak tangan di belakang punggung dan tahan selama beberapa menit. Nggak mudah memang, harus dilatih terus demi fleksibilitas bahu.

2. Cek elastisitas tulang belakang

via depositphoto

Selamat kalau jari-jari kamu berhasil menyentuh lantai dengan sempurna! Usia fisikmu bener-bener muda dan masih kurang dari 25 tahun. Selain itu, kamu juga teratur melakukan olahraga fisik sehingga elastisitas tulang belakang terus terjaga.

Tapi gimana kalau jari-jari susah banget buat dipertemukan sama lantai? Wah, tandanya kurang olahraga tuh! Sendi tulang belakang perlu diregangkan supaya kembali fleksibel.

3. Kelenturan leher dan pinggang

via depositphoto

Ketika tubuh dilengkungkan ke belakang dan tangan kamu berhasil meraih tumit, bisa dipastikan kalau umur tubuhmu masih remaja. Nggak banyak orang yang masih bisa melakukan latihan ini lantaran terbentur aktivitas monoton harian yang membuat tubuh kurang gerak.

Sebaliknya, umur tubuhmu tergolong tua kalau kamu sulit atau bahkan nggak bisa sama sekali melakukan gerakan kayak contoh di atas.

4. Fleksibilitas sendi pinggul

via depositphoto

Bisa menyentuh lutut dengan dahi dan mampu mempertahankannya selama 2 menit? Congrats guys, usia tubuh kamu bisa disamakan dengan anak sekolahan!

Tapi ketika latihan di atas sulit untuk dilakukan, tandanya kamu butuh gerak dan olahraga. Coba rutinkan latihan ini selama beberapa minggu dibarengi sama gerakan senam ringan lain supaya tubuh tetep elastis.

5. Cek elastisitas sendi lutut

via depositphoto

Kalau kamu masih muda, kamu pasti bisa melakukan gerakan membentuk huruf A kayak contoh di atas setelah melakukan push up. Sayangnya, nggak semua anak muda bisa, lho. Karena ketika kamu gagal melakukannya, usia tubuhmu setara dengan orang yang udah berumur 50 tahun. Waduh!

So, perbanyak senam dan olahraga ya, supaya elastisitas tubuh terus terjaga dan umur fisik nggak terus menua. Nggak mau kan tubuh kaku layaknya orang berumur 50 tahunan padahal usia kamu masih muda?