Yuk Kupas Bareng-bareng Fakta Di Balik Pamali yang Orang Tua Kita Sering Ucapkan Dulu

Dek, kalau nyapu yang bersih, nanti suamimu brewokan, lho.

via yukepo.com

Pernah dengar pamali seperti itu nggak? Kayaknya hampir semua orang, tapi nggak semua, pasti pernah dinasehati seperti itu oleh orang tua kita. Emang sih kesannya absurd dan nggak masuk akal, tapi dulu ketika kita kecil kan iya-iya aja waktu orang tua bilang apa.

Nah, sebenarnya apa sih fakta di balik beberapa pamali yang santer terdengar di Indonesia itu? Apakah pernah ada kasus dimana pamali tersebut menjadi nyata atau hanya mitos semata?

Coba kita kupas bareng-bareng ya.

1. Duduk di atas bantal = auto bisulan

via inovasee.com

Ngakak sih, lagian gimana bisa coba. Kalo pake logika yang sama, ketika kita tidur pake bantal, berarti kepala kita bisulan dong? Faktanya, sebenarnya hal ini berkaitan dengan kesopanan. Masa iya bantal yang kita pakai buat tidur malah dijadikan alas duduk? Nanti kalo yang dudukin kentut, gimana dong? Beda lagi kalau bantal duduk, lho ya.

2. Makan depan pintu = jomblo forever

via hipwee.com

Yang sekarang udah bertahun-tahun jomblo, coba introspeksi, deh. Dulu pernah makan depan pintu, nggak? Haha. Kalo ini sih pake logika aja ya. Kamu makan depan pintu itu emang sengaja mau ngalangin orang jalan atau mau pamer makanan? Udah jelas-jelas ada tempat yang lebih layak buat makan malah makan depan pintu. Orang tua yang seliweran pasti riweuh dan bilang kalo nanti kamu bakal susah jodoh biar kamu takut.

3. Makanan ga habis = bunuh ayam

via healthyfood.co.nz

Hayo loh! Udah berapa ekor ayam yang kamu bunuh hanya karena kamu nggak ngabisin makanan? Kalo untuk kasus yang ini ada banyak variannya sih. Ada yang bilang ayam, ada juga yang bilang hewan peliharaan, fleksibel kok mau pake yang mana-mana. Kalo sekarang dipikir-pikir lagi, hubungannya kayak gimana ya? Terus kalo ga punya ayam/hewan peliharaan gimana?

Jadi asal muasal si ayam itu dulu ayam dianggap hewan peliharaan yang berharga. Supaya makanan yang telah disiapkan buat kita ga mubazir dan sia-sia, makanya kita ditakut-takutin kalau ayam/hewan peliharaan kita bakal mati kalo ga dihabisin. Daripada jelasin kalau masih banyak orang di luar sana yang kesusahan cari makan tapi kita malah buang-buang makanan ke anak kecil? Ribet euy! Cari gampangnya aja.

Editor’s Pick

  • Plis Lupakan, 5 Hal tentang Pertolongan Pertama Ini Ternyata Cuma Mitos!
  • Ekspektasi vs Realita, Ini Penampakan 7 Tempat Liburan Impian Yang Sering Jadi Incaran Traveler
  • 9 Fakta Unik dan Menarik tentang Tubuh Manusia Ini Bakal Bikin Kamu Bergidik Takjub!

4. Nyapu nggak bersih = dapet suami Chris Evans

Kalau kamu ngincer suami kayak Chris Evans, David Beckham, atau Zayn Malik, mulai sekarang kalau nyapu jangan bersih-bersih, ya! Biar dapet suami brewokan nan seksi macam mereka. Kata-kata ini mungkin sebenernya terlontar supaya para anak gadis yang bantuin bersih-bersih rumah nggak terburu-buru dan asal-asalan ketika disuruh nyapu. Soalnya kan dulu cowok hot berbrewok belum in dan stylish seperti sekarang.

5. Nyapu rumah malam hari = seret rejeki dan sial (?)

via youtube.com/watch?v=5M_uNBGExic

Untuk poin kelima ini bahas bareng-bareng yuk. Kira-kira kamu tahu nggak apa alasannya nggak boleh nyapu malam hari? Padahal kan kalo gelap ya nggak juga, wong ada lampu.

Apa emang beneran bisa bikin rejeki seret dan bikin sial? Atau ada fakta di balik pernyataan ini? Coba kamu jawab di kolom komentar, ya.